BIONS | 2022-04-07

Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Modal Kecil Yang Menguntungkan

Bions.id - Beberapa tahun terakhir ini semenjak pandemi banyak investor pemula yang tertarik ke berbagai instrumen investasi, salah satunya adalah investasi reksadana. Tetapi banyak orang yang belum mengetahui cara investasi reksadana bagi investor pemula dengan modal kecil.

Oleh karena itu, untuk kamu yang tertarik akan instrumen investasi reksadana, kamu tidak boleh melewatkan artikel ini, karena disini Minbi akan membahas secara ringkas tentang apa itu reksadana dan menjelaskan cara investasi reksadana bagi investor pemula, terutama dengan modal kecil namun mempunyai potensi menguntungkan.

Tips dan Cara Investasi Reksadana Yang Menguntungkan

Lalu bagaimana tips dan cara investasi reksadana untuk investor pemula dengan modal kecil namun memiliki potensi menguntungkan?

1. Memahami Terlebih Dahulu Cara Kerja Reksadana

Cara investasi reksadana untuk investor pemula yang pertama harus dilakukan adalah memahami bagaimana sebenarnya cara kerja dari reksadana. Cara kerja reksadana adalah dengan mendiversifikasi investasi, artinya setiap investasi akan dibagi ke beberapa instrumen investasi.

Sehingga investasi yang dilakukan tidak hanya untuk satu buah perusahaan atau satu buah instrumen investasi saja, namun dialokasikan dana investasinya ke beberapa perusahaan dan instrumen investasi seperti produk pasar uang, obligasi dan saham.

2. Menentukan Tujuan Investasi di Reksadana

Selanjutnya kamu harus menentukan tujuan investasi di reksadana, kamu harus menentukan apakah tujuan investasi di reksadana untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Jika tujuanmu adalah berinvestasi untuk jangka pendek berinvestasi di reksadana sebenarnya kurang tepat. Karena yang terbaik untuk memulai berinvestasi di reksadana adalah untuk jangka panjang.

Contohnya tujuan investasi di reksadana kamu adalah untuk membeli rumah 5 tahun atau 10 tahun lagi, maka kamu harus rutin untuk melakukan investasi di reksadana setiap bulannya sesuai dengan nominal target yang kamu inginkan. Karena semakin berinvestasi rutin dalam jangka panjang di reksadana, maka akan semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Mengetahui Jenis-jenis Reksadana

Cara investasi reksadana untuk investor pemula selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis reksadana. Dalam reksadana ada banyak jenisnya dan enis reksadana yang paling umum dan paling populer adalah reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana pasar uang, reksa dana syariah, dan reksadana campuran.

4. Memilih Reksadana Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Cara investasi reksadana bagi investor pemula yang perlu diperhatikan lainnya adalah memilih reksadana yang sesuai dengan kebutuhan. Karena ada banyak jenis reksadana yang ada di pasar saat ini, seperti yang disebutkan di atas dan harga dari setiap jenis reksadana juga berbeda-beda.

Karena itu, saat berinvestasi reksadana kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang kamu miliki.

5. Memahami Istilah-istilah Reksadana

Sama seperti instrumen investasi lainnya, pastinya investor pemula akan bingung dengan istilah-istilah yang sering muncul saat investasi reksadana. Istilah-istilah reksadana bisa kamu baca lengkap di postingan kami sebelumnya secara lengkap.

Ada beberapa istilah umum yang biasa kamu temukan saat berinvestasi reksa dana, seperti Bank Kustodian, Manajer Investasi, WMI (Wakil Manajer Investasi, Agen Penjual Reksa Dana (APERD), WAPERD (Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana), Kebijakan Investasi, Good Fund, Switching, Redemption, Subscription, Fund Fact Sheet, Asset Under Management, NAB/Nilai Aktiva Bersih, NAB/Unit dan lainnya.

6. Cek Track Record Reksadana Pilihan

Cara investasi reksadana bagi investor pemula yang harus dilakukan adalah mengecek track record reksadana yang ingin kamu beli. Setiap reksadana bisa kamu pantau track recordnya apakah trend baik atau buruk.

Carilah reksadana yang sedang mengalami tren peningkatan, sehingga nantinya saat kamu memilihnya pengembalian investasi yang didapatkan nantinya akan besar. Karena jika memilih reksadana yang sedang downtrend bisa menyebabkan kerugian.Pergerakan NAB/Unit reksadana juga dinamis, terkadang akan mengalami peningkatan bisa juga mengalami penurunan.

7. Memahami Isi Prospektus

Untuk investor reksadana pemula wajib membaca dan memahami salah satu hukum reksadana yaitu dokumen prospektus. Karena itu, kamu harus membaca semua isi prospektus reksadana yang ingin dibeli.

Saat ini di BIONS juga menyediakan informasi prospektus reksadana yang ingin dibeli. Pastikan bahwa prospektus yang kamu baca adalah prospektus terbaru.

Jadi itulah tadi beberapa tips dan cara investasi reksadana untuk investor pemula dengan modal kecil namun berpotensi menguntungkan. Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi reksadana juga dapat menggunakan aplikasi BIONS. Ada beragam jenis reksadana yang bisa kamu pilih dan beli di BIONS.

Semoga dengan menerapkan tips dan cara investasi reksadana di atas, kamu bisa lebih memahami cara memulai investasi reksadana dengan lebih baik. Untuk kamu yang ingin belajar dasar-dasar dunia investasi bisa ikut sekolah pasar modal yang rutin diadakan setiap minggunya oleh BIONS by BNI Sekuritas. Tunggu apalagi? Miliki akun BIONS sekarang juga!

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut