BIONS | 2022-04-06

Cara Menabung Cepat Menggunakan Teori Anggaran 50/30/20

Bions.id - Cara menabung uang dengan cepat adalah seni yang dapat dipelajari oleh siapa pun. Seni dalam menabung ini bisa membawa kamu menuju kesuksesan di masa depan. Sebab itu sangat penting bagi kita semua untuk memahami bagaimana cara menabung yang benar.

Terdapat satu metode yang cukup terkenal di dalam mengelola keuangan. Metode ini dikenal dengan  rumus anggaran 50/30/20. Kamu dapat mengikutinya supaya bisa merencanakan masa depan yang lebih baik.

Apa Manfaat Dari Menabung

Hal pertama yang harus kita sadari adalah terkait pentingnya menabung. Banyak orang tidak menyisihkan uang gaji karena belum menyadari hal ini. Padahal ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain adalah:

  • Kebutuhan untuk Dana Darurat

Dana darurat akan sangat penting ketika kamu mengalami hal yang tidak diinginkan. Misalnya kehilangan pekerjaan, kecelakaan, sakit dan lain-lain.

  • Keamanan Financial

Cara menabung cepat yang benar akan membawa kita pada keamanan finansial. Kamu akan merasa lebih tenang dan terhindar dari berhutang.

  • Lebih Mudah Mencapai Tujuan Keuangan

Merencanakan sesuatu di masa depan tentu mengharuskan kamu menabung sejak sekarang. Gunakan teknik menabung yang benar supaya dapat mencapai tujuan finansial.

  • Dana Pensiun

Di masa tua tentu semua orang menginginkan hidup yang terjamin. Memiliki tabungan akan memudahkan kamu mencapai keinginan tersebut.

  • Arus Kas yang Terkelola

Arus kas yang sehat merupakan dampak positif yang bisa  kamu dapatkan dari menabung. Menabunglah secara rutin dan kelola kas dengan baik.

Cara Menabung Dengan Aturan 50/30/20

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat dari menabung, sepertinya sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mengabaikan hal ini. Kamu dapat mengikuti trik atau cara menabung yang benar menggunakan teori 50/30/20, berikut tahapan-tahapannya;

1. Hitung Pajak

Ketika mendapatkan gaji tidak serta merta menjadi hak kamu. Terdapat kewajiban yang terlebih dahulu harus kamu bayar. Kewajiban tersebut adalah pajak, baik itu pajak penghasilan, pajak daerah, dan lain sebagainya.

Bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai dengan gaji tetap, menghitung pajak memang tidak sulit. Akan tetapi bagi wirausahawan tentu saja perlu menghitung secara detail seluruh pendapatan. Intinya, siapa pun kita maka wajib untuk membayar pajak ke negara.

2. Batasi Kebutuhan Dasar Hanya 50 Persen Dari Gaji

Jika telah menghitung pajak dan memperoleh pendapatan bersih, silakan ambil 50 persen untuk kebutuhan dasar selama satu bulan. Beberapa kebutuhan mendasar yang harus diperhatikan sejak awal adalah:

· Kebutuhan makan

· Kebutuhan tempat tinggal

· Biaya kesehatan

· Biaya transportasi, dan lain-lain.

3. Batasi Kebutuhan Opsional 30% Dari Gaji

Setiap kita tentu memiliki kebutuhan opsionalnya masing-masing. Namun pastikan bahwa alokasi gaji untuk hal ini tidak lebih dari 30%. Beberapa hal opsional yang perlu kamu perhatikan antara lain seperti:

  • Membeli paket internet
  • Berlangganan TV kabel
  • Belanja
  • Modifikasi kendaraan dan lain-lain.

Sering sekali kebutuhan opsional ini yang menjadi hambatan kita tidak dapat menabung. Karena itu sangat penting untuk mencatat dan membatasi anggaran supaya sisa uangnya dapat ditabung atau diinvestasikan.

4. Sisihkan 20% Dari Gaji Untuk Tabungan

Cara menabung cepat yang benar adalah dengan menyisihkan 20% dari pendapatan. Akan tetapi jika kamu masih memiliki hutang maka alokasi 20% ini terlebih dahulu diperuntukkan untuk melunasi hutang tersebut. Jika hutang sudah lunas barulah kamu dapat menabung dan melakukan investasi.

Contoh Cara Menabung Uang Dengan Aturan 50/30/20

Di atas kita sudah membahas sedikit terurai cara menabung uang yang benar. Metode yang kita gunakan adalah dengan alokasi gaji 50/30/20. Cara penerapannya juga cukup mudah dan bisa kamu simak contoh berikut;

  • Kamu memiliki gaji sebesar 10 juta rupiah per bulan
  • Silakan ambil 5 juta, 50% dari gaji tersebut untuk keperluan yang mendasar
  • Ambil lagi 3 juta, 30% dari gaji untuk keperluan opsional.
  • Maka uang yang tersisa adalah 2 juta, 20% dari gaji yang bisa kamu alokasikan untuk tabungan atau investasi.

Aturan Umum Cara Menabung Menggunakan Teori 50/30/20

Hal yang perlu untuk diingat bahwa, aturan 50/30/20 adalah nilai tertinggi. Bisa saja dalam satu bulan pengeluaran kamu tidak mencapai angka tersebut. Maka sisa tersebut akan sangat baik untuk dialokasi ke dana tabungan.

Selain itu penggunaan aturan 50/30/20 ini sangat fleksibel. Terkadang bagi sebagian persentase 50% dari gaji tidak dapat menutupi kebutuhan dasar. Maka kamu dapat melakukan fleksibilitas untuk mengubah persentasenya supaya kebutuhan tersebut tetap terpenuhi.

Tidak masalah menaikkan persentasi atau  menurunkannya. Hal yang terpenting adalah bahwa kamu dapat merencanakan keuangan sesuai kondisi, memenuhi kebutuhan opsional dan sekaligus juga memiliki tabungan di masa depan. Sehingga tidak perlu memahami metode ini secara kaku agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Silakan siapkan buku khusus untuk membagi penghasilan ke dalam aturan 50/30/20. Catat juga secara detail pemasukan dan pengeluaran di setiap bulan pada buku yang sama.

Cara menabung cepat dengan metode 50/30/20 bisa menjadi pilihan yang terbaik. Selain menabung, dengan cara ini juga kamu dapat merencanakan keuangan untuk membangun masa depan yang lebih indah. Silakan ikuti tips di atas, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut