BIONS | 2022-04-13

Cara Mendapatkan Dividen Dari Investasi Saham dan Cara Menghitungnya

Bions.id - Saat berinvestasi saham para investor tidak hanya ingin mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham saja, tetapi juga dari pembagian dividen.

Pembagian dividen ini sangat menguntungkan para investor, karena tanpa perlu menjual saham yang dimilikinya, investor akan mendapatkan pembagian keuntungan dari laba sebuah perusahaan. Lalu bagaimana cara mendapatkan dividen dan bagaimana cara menghitung dividen?

Apa Itu Dividen?

Dividen merupakan pembagian pendapatan laba dari sebuah perusahaan kepada para pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya. Dalam pengertian lain, dividen saham adalah pembagian keuntungan perusahaan atau laba perusahaan yang diberikan kepada pemilik saham dalam bentuk saham tambahan. Dividen saham ini akan dihitung berdasarkan proporsi jumlah saham yang dimiliki investor.

Metode pembagian dividen saham ini mirip dengan stock split, sehingga tidak merubah nilai dari kapitalisasi pasar sebuah saham perusahaan. Jadi pemegang saham akan mendapatkan saham yang lebih banyak saat menerima dividen saham.

Tetapi proses pembagian dividen saham biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan yang ketersediaan kas tunai perusahaan terbatas. Jika ketersediaan kas tunai perusahaan lebih, maka perusahaan akan membagikan dividen dalam bentuk tunai.

Pembagian dividen dalam investasi saham baik itu dividen tunai ataupun dividen saham biasanya dilakukan oleh perusahaan secara berkala ada yang satu kali dalam satu tahun dan ada juga yang dua sampai empat kali dalam satu tahun.

Dari Mana Dividen Didapatkan?

Perlu investor saham pemula ketahui bahwa tidak semua perusahaan atau emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) membagikan dividen setiap tahunnya. Proses pembagian dividen dilakukan oleh sebuah perusahaan ketika jumlah laba atau kinerja keuangan perusahaan dalam kondisi baik.

Setiap perusahaan yang ada di pasar saham akan memberikan sebuah laporan kinerja keuangan perusahaan rutin setiap 3 bulan sekali, per semester dan setiap setahun sekali. Dari laporan keuangan perusahaan inilah, kita bisa melihat kinerja keuangan sebuah perusahaan, termasuk mengetahui apakah perusahaan bisa membagikan dividen kepada pemegang sahamnya atau tidak.

Kapan Waktu Pembagian Dividen?

Biasanya pembagian dividen perusahaan dilakukan setiap akhir periode laporan keuangan diserahkan. Umumnya dividen dari saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia membagikan setahun sekali dan ada juga yang membagikan dividen dua kali dalam setahun.

Untuk mengetahui kapan waktu pembagian dividen dilakukan sebuah perusahaan, biasanya pengumuman pembagian dividen dilakukan dalam beberapa tahap berikut :

Declaration date

Adalah tanggal pengumuman resmi pembagian dividen oleh emiten yang terdiri dari tanggal pembayaran, tanggal pencatatan dan jumlah dividen tunai per lembar yang akan dibagikan ke pemegang saham.

Date of record

Adalah tanggal pencatatan pemegang saham yang mendapatkan hak atas pembagian dividen yang diberikan emiten.

Payment date

Adalah tanggal dilakukannya pembayaran dividen oleh emiten terhadap pemegang saham yang berhak mendapatkannya.

Tanggal cum-dividen

Adalah batas tanggal aktivitas jual beli saham yang dilakukan investor bisa masuk dalam hitungan mendapatkan pembagian dividen emiten.

Tanggal ex-dividend

Adalah tanggal tidak termasuk dalam hitungan pembagian dividen saat investor melakukan jual beli saham. Karena itu investor yang membeli saham di tanggal ini tidak akan mendapatkan pembagian dividen dari emiten.

Cara Mendapatkan Dividen Dari Investasi Saham

Untuk kamu yang ingin mendapatkan dividen dari investasi saham yang kamu lakukan, maka kamu harus mengetahui cara mendapatkan dividen dari investasi saham berikut :

1. Pilih Saham Yang Rutin Membagikan Dividen

Kamu harus rutin melihat emiten saham mana yang rutin membagikan dividen setiap tahunnya. Untuk mempermudah melakukan pencarian emiten yang rutin membagikan dividen, kamu bisa download dan install aplikasi BIONS.

Di aplikasi BIONS kamu masuk ke menu Stock List dan pada bagian Constituent Index dan pilih IDX High Dividen 20 Index, maka akan muncul beberapa emiten yang rutin membagikan dividen dengan jumlah yang besar dan rutin setiap tahunnya.

2. Cek Jadwal Pembagian Dividen

Setelah kamu memilih salah satu dari emiten yang rutin membagikan dividen, maka kamu harus mengetahui kapan jadwal emiten tersebut membagikan dividen. Jadwal pembagian dividen emiten bursa efek indonesia bisa di cek di website www.ksei.co.id.

3. Mengetahui Tanggal Penting Pembagian Dividen

Untuk cara mendapatkan dividen dari investasi saham, kamu harus mengetahui tanggal penting dari jadwal pembagian dividen dari tanggal cum date, ex data, recording date dan payment date.

4. Lakukan Pembelian Saham

Cara mendapatkan dividen dari investasi saham yang paling penting adalah melakukan pembelian saham paling terakhir sesuai tanggal cum date yang ditentukan oleh emiten. Kamu wajib tidak menjual saham tersebut sampai tanggal ex date yang ditentukan emiten.

Jika sudah tinggal menunggu jadwal date of record dan payment date sampai kamu mendapatkan pembayaran dividen.

Cara Menghitung Pembagian Dividen Saham

Setiap pemegang saham akan mendapatkan pembagian dividen yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah lembar saham yang dimilikinya. Untuk cara menghitung pembagian dividen saham adalah sebagai berikut :

Total Jumlah Dividen Yang Ingin Dibagi Emiten Ke Investor = Laba Bersih Emiten x Rasio Pembayaran Dividen (%)

Setelah total jumlah dividen didapatkan, selanjutnya kamu tinggal menghitung jumlah dividen per lembar saham adalah sebagai berikut :

Jumlah Dividen Yang Dibagikan Ke Investor Per Lembar Saham = Total Nominal Dividen : Jumlah Saham Emiten Yang Beredar

Jika sudah didapatkan jumlah dividen per lembar saham, tinggal dikalikan dengan jumlah lembar saham yang kamu investasikan di saham tersebut. Kemudian dikurangi PPH sebesar 10 persen dari total dividen yang diterima investor dari emiten.

Jumlah Dividen Yang Diterima Investor = Jumlah dividen per saham x total jumlah lembar saham dimiliki investor x 10% pph

Nah, bagaimana sobat BIONS? Pastinya sekarang kamu sudah paham cara mendapatkan dividen dan cara menghitungnya. Kalau kamu masih bingung, BIONS by BNI Sekuritas juga rutin mengadakan sekolah pasar modal yang diadakan setiap Minggunya.

Tentunya, kamu harus memiliki akun BIONS terlebih dahulu dan jangan lupa juga untuk follow semua akun media sosial BIONS:

Dengan kamu follow media sosial BIONS kamu bisa mengikuti atau melihat update terbaru di  BIONS dan juga informasi promo serta jadwal sekolah pasar modal, lho.

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut