Admin Dina | 2021-05-11

Investasi Reksa Dana? Wajib Tahu Istilah ini

Bions.id - Hai Sobat BIONS! Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang salah satu instrumen investasi yang sangat ramah untuk investor pemula, ya benar instrumen investasi tersebut adalah Reksa Dana.

Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya oleh Manajer Investasi akan diinvestasikan ke dalam berbagai macam instrumen keuangan seperti pasar uang, obligasi dan atau juga saham.

Reksa Dana merupakan pilihan investasi yang tepat bagi investor pemula karena instrumen ini sangat terjangkau, mudah, dan aman.  Dalam investasi Reksa Dana, investor juga tidak perlu khawatir dalam mengelola portofolio mereka karena ada Manajer Investasi yang  profesional di bidangnya yang akan membantu Kamu mengelola dana dan portofolio investasi kamu.

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi Reksa Dana ada baiknya kamu harus terlebih dahulu mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan dalam investasi Reksa Dana. Yuk simak beberapa istilah – istilah dalam Investasi Reksa Dana:

1. Manajer Investasi (MI)

Manajer Investasi adalah pihak profesional yang bertugas dan berhak untuk mengelola dana investor yang kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen keuangan untuk mencapai target investasi dan memberikan imbal hasil bagi investor.

Manajer Investasi tentunya wajib memiliki izin Manajer Investasi  dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kegiatannya mengelola dana investor.

2. Bank Kustodian

Bank Kustodian merupakan lembaga keuangan yang telah mendapatkan persetujuan dan izin dari OJK dimana memiliki tugas untuk membantu dalam fungsi administrasi, pengawasan, serta penyimpanan aset Reksa Dana.

3. Agen Penjual (APERD)

Agen Penjual Reksa Dana adalah pihak yang telah memiliki izin dari OJK dan juga menjalin kerja sama resmi dengan Manajer Investasi dalam kegiatan mendistribusikan Reksa Dana. Dalam kegiatannya Manajer Investasi dan Agen Penjualan diikat dalam Perjanjian Distribusi.

4. Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai Aktiva Bersih atau juga biasa dikenal dengan jumlah dana kelolaan atau asset under management (AUM) adalah nilai yang menunjukkan total dana yang dikelola di dalam suatu reksa dana termasuk kas, deposito, saham dan obligasi.

5. Unit Penyertaan (UP)

Unit Penyertaan adalah satuan yang menunjukkan jumlah penyertaan yang dimiliki oleh seorang investor di dalam reksa dana. Jumlah unit disesuaikan dengan portofolio efek yang disimpan dan dihitung oleh bank kustodian.

6. Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP)

Diperoleh dengan cara membagi total NAB reksa dana dengan total jumlah unit penyertaan reksa dana yang beredar. Pergerakan NAB reksa dana per unit menunjukkan kinerja reksa dana.

7. Fund Fact Sheet  

Funda Fact Sheet merupakan lembar laporan fakta bulanan reksa dana yang disampaikan perusahaaan manajemen investasi kepada nasabah dan publik  terkait pertumbuhan, biaya-biaya, portofolio produk reksa dana yang mereka kelola.

8. Prospektus

Propektus merupakan dokumen yang menyajikan informasi mengenai sebuah produk Reksa Dana yang mencakup nama pengelola reksa dana, rekam jejak Manajer Investasi, mekanisme transaksi, hak dan kewajiban investor, formulir pembelian unit penyertaan reksa dana hingga cara likuidasi reksa dana.

9. Tanggal Emisi Reksa Dana

Tanggal emisi reksa dana merupakan tanggal dimana reksa dana diterbitkan dan tanggal dimana nilai aktiva bersih perdana.

10. Tanggal Efektif Reksa Dana

Tanggal efektif reksa dana merupakan tanggal dimana reksa dana memperoleh pernyataan efektif dari OJK.

11. Kontrak Investasi Kolektif (KIK)

Kontrak Investasi Kolektif merupakan kontrak antara manajer investasi dan bank kustodian serta memiliki kekuatan hukum. Kontrak ini mengikat pemegang unit penyertaan dan menetapkan wewenang manajer investasi untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan wewenang bank kustodian untuk melaksanakan penitipan kolektif.

12. Subscription

Subscription adalah pembelian unit penyertaan reksa dana. Pembelian reksa dana dilakukan pada hari bursa. Untuk melakukan subscription investor harus menyerahkan formulir pembelian beserta kelengkapannya terlebih dahulu serta menyetor dana pembelian ke pembelian reksa dana sesuai dengan cut-off time yang ditentukan agar dapat diproses.

Pembelian unit penyertaan reksa dana dapat dikenakan biaya pembelian atau yang biasa disebut subscritption fee.

13. Redemption

Redemption adalah penjualan unit penyertaan reksa dana. Penjualan reksa dana dilakukan pada hari bursa. Untuk melakukan redemption investor harus menyerahkan formulir penjualan beserta kelengkapannya terlebih dahulu sesuai dengan cut-off time yang ditentukan. Hasil penjualan unit reksa dana wajib diterima di rekening investor paling lambat dalam 7 hari bursa.

Penjualan unit reksa dana dapat dikenai biaya penjualan atau redemption fee.

14. Cut Off Time

Batas waktu yang ditentukan dalam kegiatan transaksi reksa dana, seperti pada saat pembelian, penjualan, dan pengalihan reksa dana. Contohnya batas waktu penyerahan dokumen atau diterimanya dana untuk pembelian reksa dana.

15. Transaksi Switching

Transaksi switching atau transaksi pengalihan unit penyertaan reksa dana ke unit penyertaan reksa dana lainnya. Pengalihan reksa dana dilakukan pada hari bursa serta reksa dana tersebut dan reksa dana tujuan memiliki fitur pengalihan.

Transaksi switching produk reksa dana hanya dapat dilakukan apabila produk tersebut berada di manajer investasi dan bank custodian yang sama. Investor wajib menyerahkan formulir beserta kelengkapannya sesuai cut-off time yang ditentukan. Pengalihan reksa dana dapat dikenai biaya pengalihan.

 

Itulah tadi 15 istilah yang sering digunakan dalam investasi Reksa Dana. Sebelum memutuskan untuk memulai untuk investasi reksa dana, Sobat BIONS sangat disarankan untuk membekali diri dengan pengetahun dasar mengenai reksa dana terlebih dahulu.

Tentunya dengan mengetahui istilah – istilah dalam investasi reksa dana akan memudahkan Sobat BIONS saat melakukan investasi reksa dana. Ayo tunggu apa lagi? Sobat BIONS dapat memulai membeli reksa dana melalui aplikasi BIONS dari BNI Sekuritas. Aplikasi BIONS dapat didownload melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Ayo download BIONS dan daftar sekarang juga. Mari mulai berinvestasi dan raih masa depan kamu bersama BIONS.

Related Tutorial

Admin Dina | 2021-12-01 INTRODUCING BIONS WEB TRADING SYSTEM
Admin Dina | 2021-11-02 Kenalan dengan Emiten Satu ini Yuk!

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut