Admin Dina | 2021-10-27

Investasi Reksa Dana? Yuk Kenali Risikonya!

Bions.id - Layaknya 2 sisi koin, investasi dan risiko merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahakan. Investasi merupakan kegiatan yang berkaitan erat dengan kejadian di masa depan yang dimana banyak probabilitas dan potensi risiko yang dapat terjadi.

Sebagaimana layaknya instrumen investasi lainnya, investasi reksa dana juga tidak terlepas dari potensi risiko. Jika di artikel sebelumnya kita telah membahas banyak tentang Reksa Dana. Apa itu Reksa Dana, keuntungan Reksa Dana, sampai dengan istilah-istilah yang sering digunakan dalam Reksa Dana.

Kali ini kita akan bahas mengenai risiko instrumen investasi Reksa Dana. Apa saja risiko yang terdapat di dalam investasi Reksa Dana?

  1. Risiko Perubahan Politik dan Ekonomi
    Risiko perubahan atau memburuknya kondisi perekonomian dan politik dapat  berdampak pada kinerja emiten penerbit surat berharga atau perusahaan di mana manajer investasi melakukan investasi, sehingga dapat mempengaruhi kinerja portofolio investasi.

    Risiko ini dapat diminimalisir dengan menerapkan strategi diversifiikasi portofolio sesuai dengan kebijakan investasi.
     
  2. Risiko Wanprestasi
    Risiko wanprestasi atau risiko kredit dan pihak ketiga merujuk kepada risiko dimana kemampuan pihak ketiga tersebut untuk memenuhi komitmennya antara lain dalam hal pembayaran, pengiriman, dan lainnya.

    Kerugian dapat timbul khususnya untuk penyelesaian atau pengiriman instrumen keuangan. Risiko ini juga dikenal sebagai risiko kredit atau gagal bayar.
     
  3. Risiko Likuiditas
    Risiko Likuiditas berhubungan dengan pencairan reksa dana. Risiko ini muncul ketika Manajer Investasi tidak memiliki cadangan kas yang cukup saat sebagian besar atau seluruh Pemegang Unit Penyertaan melakukan Penjualan kembali (redemption).

    Kebutuhan dana tunai dalam waktu cepat dapat menyebabkan turunnya Nilai Aktiva Bersih dari Reksa Dana karena efek pada portofolio Reksa Dana tersebut harus segera dijual ke pasar dalam jumlah besar secara bersamaan sehingga mengakibatkan penurunan nilai efek pada portofolio.
     
  4. Risiko Berkurangnya Nilai Aktiva Bersih Setiap Unit Penyertaan
    Risiko ini dipengaruhi oleh turunnya harga pasar Efek  seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya yang masuk dalam portofolio reksa dana tersebut. Risiko ini dapat diminimalisir dengan menerapkan strategi diversifikasi portofolio sesuai dengan kebijakan investasi.
     
  5. Risiko Transaksi Melalui Media Elektronik
    Risiko ini muncul saat Pemegang Unit Penyertaan melakukan transaksi melalui Sistem Elektronik. Risiko-risiko seperti:
    • tidak aman karena terdapat kemungkinan penggunaan Sistem Elektronik dan/atau Informasi/Dokumen Elektronik yang tidak sah untuk tujuan lain selain transaksi Pembelian dan/atau Penjualan Kembali Unit Penyertaan.
    • Kesalahan pemberian Informasi Elektronik atau data lainnya ke dalam Sistem Elektronik
    • Transisi melalui Sistem Elektronik dapat melibatkan pihak selain Manajer Investasi dan Bank Kustodian
    • Risiko kesalahan dan gangguan pada Sistem Elektronik
    • Risiko kelalaian Pemegang Unit Penyertaan dalam menjaga kerahasiaan nama ID sistem dan password, dan dapat memunculkan risiko penyalahguanaan Transaksi Elektronik oleh pihak lain secara tidak sah dengan menggunakan nama Pemegang Unit Penyertaan.
       
  6. Risiko Perubahan Peraturan
    Risiko ini muncul ketika terjadi perubahan peraturan perundang-undagan atau hukum serta perpajakan yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung pada Pasar Uang maupun Pasar Modal yang dapat mempengaruhi kinerja portofolio investasi Reksa Dana.

Nah sekarang kamu jadi tahu kan apa saja risiko dalam investasi Reksa Dana. Dalam melakukan kegiatan investasi, faktor risiko merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan.

Setiap kegiatan investasi selalu mengandung potensi risiko, tetapi potensi risiko tersebut dapat dikelola dengan beberapa cara seperti mengetahui profil risiko pribadi, mengetahui strategi dan cara berinvestasi, serta memahami seluk beluk produk investasi yang hendak dipilih.

Nikmati kemudahan bertransaksi Reksa Dana bersama BIONS. Melalui BIONS Kamu dapat menemukan berbagai produk Reksa Dana yang dikelola oleh berbagai Manajer Investasi (MI) terpercaya, dengan biaya terjangkau dan tentunya terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kamu bisa langsung memilih produk yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu.

Selain itu, BNI Sekuritas bersama berbagai perusahaan Asset Management rutin mengadakan program Sekolah Pasar Modal mengenai Reksa Dana yang mengupas tuntas tentang seluk beluk produk investasi Reksa Dana, baik keunggulan maupun risiko-risikonya. Sehingga kamu dapat membekali diri kamu mengenai produk investasi satu ini Sobat BIONS! Kamu bisa cek jadwalnya di sini.

Ayo tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga dan mulai berinvestasi Reksa Dana bersama BIONS!

Related Tutorial

Admin Dina | 2021-12-01 INTRODUCING BIONS WEB TRADING SYSTEM
Admin Dina | 2021-11-02 Kenalan dengan Emiten Satu ini Yuk!

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut