Admin Dina | 2021-10-29

Kenali Berbagai Tipe Trader Saham

Bions.id - Bagi kalian yang telah berkecimpung di dalam dunia investasi saham tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Trading saham. Sebelumnya kamu wajib tahu terlebih dahulu nih, pengertian dari Trading saham Sobat BIONS!

Trading Saham
Trading adalah kegiatan membeli dan menjual saham dalam jangka waktu yang relatif pendek, seperti dalam hitungan hari, jam bahkan menit. Pihak yang melakukan trading biasanya disebut trader. Umumnya trader menggunakan analisis teknikal dalam mengambil keputusan investasinya.

Pihak yang melakukan trading saham disebut dengan trader saham. Terdapat berbagai macam-macam tipe trader saham. Berdasarkan dari jangka waktu transaksinya, trader saham terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

1. Scalper
Trader tipe Scalper melakukan transaksi dengan jangka waktu sangat singkat. Trader tipe ini dapat membuka dan menutup transaksi hanya dalam hitungan jam, menit, bahkan beberapa detik saja.
Scalper menggunakan analisa teknikal sebagai senjata utama, dan didukung dengan grafik minute chart dan hourly chart sehingga dapat membantu scalper mendapatkan profit yang besar dalam waktu singkat.
 

2. Day Trader
Trader tipe ini melakukan kegiatan trading dengan sistem day trading. Trader akan melakukan pembelian di awal sesi pembukaan dan melakukan penjualan di akhir jam bursa dalam hari yang sama.

Day trader umumnya menggunakan analisa teknikal sebagai panduan dalam melakukan trading. Grafik yang umumnya digunakan oleh day trader adalah minute chart, hourly chart, dan daily chart.
 

3. Swing Trader
Swing trader adalah tipe trader yang melakukan transaksi dalam rentang waktu singkat hingga menengah. Swing trader melakukan transaksi dalam jangka waktu harian, mingguan, hingga bulanan.
Swing trader menggunakan kombinasi analisa teknikal dan analisa fundamental sebagai panduan trading serta menggunakan grafik hourly chart, daily chart, weekly chart, dan terkadang monthly.
 

4. Position Trader
Position trader adalah tipe trader yang melakukan transaksi dalam rentang jangka waktu menengah hingga panjang. Position trader melakukan transaksi dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.
Position trader sering kali menggunakan kombinasi dari analisa teknikal dan analisa fundamental sebagai panduan trading.  Grafik yang umumnya digunakan oleh position trader adalah daily chart, weekly chart, dan monthly chart.

Tentunya setiap orang memiliki strategi trading yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan investasi masing-masing trader. Setiap strategi trading yang dimiliki masing-masing trader tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kamu dapat menentukan termasuk tipe trader yang mana nih Sobat BIONS. Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti tujuan investasi, kebutuhan, kemampuan, dan profil risiko pribadi kamu.

Selain itu, setiap strategi yang dipilih oleh masing-masing trader memiliki tingkat keuntungan dan risiko yang bervariasi. Kamu pasti tahu mengenai “high risk, high return”, semakin tinggi tingkat potensi keuntungannya, semakin tinggi pula tingkat potensi risikonya.

Apapun tipe trading yang kamu pilih, kamu harus tetap dapat menerapkan manajemen pengeloalaan risiko yang baik, serta menerapkan strategi trading yang sesuai dengan tujuan tranding kamu Sobat BIONS!

BIONS by BNI Sekuritas rutin mengadakan program Sekolah Pasar Modal yang membahas mengenai berbagai topik edukasi mengenai berbagai instrumen investasi. Salah satunya adalah saham, yang membahas mengenai keunggulan, risiko, strategi dan berbagai tips lainnya. Sehingga kamu dapat membekali diri kamu dalam berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia Sobat BIONS! Kamu bisa cek jadwalnya di sini

Tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga dan raih masa depan kamu bersama BIONS!

 

Related Tutorial

Admin Dina | 2021-12-01 INTRODUCING BIONS WEB TRADING SYSTEM
Admin Dina | 2021-11-02 Kenalan dengan Emiten Satu ini Yuk!

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut