BIONS | 2022-09-20

Keunggulan Investasi Reksa Dana, Cocok untuk Pemula dan Minim Risiko

Salah satu jenis investasi yang sedang digemari di masyarakat adalah reksa dana. Dalam hal ini, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat selaku pemodal, untuk selanjutnya diinvestasikan melalui manajer investasi.

Data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), menyebutkan bahwa investor reksa dana per Juni 2022 mencapai 8,42 juta meningkat 23,19 % dari akhir tahun 2021 yang sebesar 6,84 juta investor. Investasi reksa dana tergolong mudah karena tidak memerlukan analisis yang mendalam serta modal yang dibutuhkan tidak besar dibandingkan dengan investasi langsung di saham, deposito atau obligasi.

Baca Juga: Investasi Reksa Dana? Wajib Tahu Istilah ini

Jenis-Jenis Reksa Dana

Berdasarkan portofolio alokasi dana kelolaannya,  reksa dana dibagi menjadi 4 jenis. Yuk #SobatBIONS kita kenali jenis-jenis reksa dananya!

1. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) adalah reksa dana yang dana kelolaannya diinvestasikan secara keseluruhan di produk-produk pasar uang. Produk tersebut biasanya terdiri dari deposito perbankan dan surat utang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Selanjutnya terdapat reksa dana pendapatan tetap yang minimum 80% pengalokasian dananya diinvestasikan pada instrumen obligasi lalu sisanya diinvestasikan pada produk pasar uang.

3. Reksa Dana Saham

Sesuai namanya, reksa dana saham mengalokasikan minimal 80% dana kelolaannya pada produk saham. Karena mayoritas portofolionya berada di bursa saham, maka pergerakan reksa dana memiliki fluktuasi dan resiko lebih tinggi dibandingkan dengan RDPU dan reksa dana pendapatan tetap.   

4. Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang pengalokasian investasinya ditujukan pada beragam jenis investasi, seperti saham, obligasi, dan pasar uang. Proporsi pengalokasian alokasi dana portofolio reksa dana campuran berbeda-beda namun komposisi reksa dana campuran maksimal 79% pada instrumen pasar uang, obligasi dan saham.

Baca Juga: Investasi Reksa Dana? Yuk Kenali Risikonya!

 

Keunggulan Berinvestasi Reksa Dana

 

1. Modal yang Kecil

Berinvestasi bisa dimulai dengan sepuluh ribu rupiah saja. Tentu ini cocok untuk para investor pemula, karena dapat memulai dengan nominal yang tidak terlalu besar.

2. Pilihan yang Beragam

Terdapat berbagai jenis instrumen reksa dana yang beredar di masyarakat sehingga Investor dapat memilih berbagai pilihan produk sesuai dengan keinginan dan profil risiko nasabah. 

3. Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Setiap dana yang dihimpunan dari produk reksa dana, dikelola oleh manajer investasi profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi.  Jadi setiap keputusan investasi akan berdasarkan hasil riset dan analisis.

4. Biaya yang Ringan dan Bebas Pajak

Biaya berinvestasi reksa dana di berbagai agen penjual reksa dana (APERD) beragam namun biayanya sangat kecil, bahkan ada beberapa APERD yang tidak mengenakan biaya salah satunya BIONS. Selain itu, hasil keuntungan dan hasil penjualan reksa dana tidak dikenai pajak, sehingga kamu akan mendapatkan profit yang maksimal.

5. Kemudahan dalam Berinvestasi 

Selain modalnya yang terjangkau, dengan berinvestasi di reksa dana maka kamu tidak perlu khawatir karena danamu akan dikelola oleh manajer investasi profesional. Tentu ini merupakan keuntungan paling menarik bagi investor pemula,. Investor hanya perlu memilih reksa dana yang sesuai lalu memantau pergerakannya secara berkala.

Seiring perkembangan teknologi, transaksi pembelian reksa dana menjadi lebih mudah. Saat ini investor cukup menggunakan aplikasi untuk berinvestasi. Nah, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di instrumen yang satu ini? Yuk mulai berinvestasi di reksa dana Bersama BIONS! Kamu dapat memulai dengan download Aplikasi BIONS by BNI Sekuritas. 

Selanjutnya kamu dapat melakukan pembelian reksa dana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman depan BIONS, pilih “Mutual Fund”

  2. Pilih reksa dana yang diinginkan atau cari di menu “search”

  3. Pastikan kamu telah membaca prospektus dan fact sheet dari produk reksa dana incaran kamu

  4. Pilih “Subscribe”

  5. Subscribe Amount: isi dengan jumlah nominal pembelian reksa dana

  6. Pilih “Subscribe”

  7. Konfirmasi pembelian Reksa Dana. Checklist persetujuan dan pilih “confirm”

  8. Kemudian akan terdapat status order berhasil

  9. Dengan begitu, kamu telah berhasil melakukan pembelian reksa dana di Aplikasi BIONS

 

Bersama BIONS kamu juga dapat memantau harga reksa dana setiap harinya melalui aplikasi dengan mudah. Ayo mulai berinvestasi di reksa dana Bersama BIONS!

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut