BIONS | 2022-03-25

Mudah dan Efektif, Ini Cara Menabung Uang Jajan Bagi Mahasiswa

Bions.id - Mahasiswa wajib mengetahui bagaimana cara menabung uang jajan supaya bisa mencapai target keuangan setelah selesai kuliah nanti, simak caranya berikut ini.

Uang jajan dari orang tua habis membeli barang yang tidak penting? Ini yang sering dialami oleh mahasiswa. Karena itu kamu perlu mempelajari bagaimana cara menabung uang jajan supaya bisa merencanakan keuangan.

Coba hitung kembali berapa uang jajan yang diberikan orang tua, dan berapa uang yang disisihkan untuk ditabung? Jangan-jangan semuanya hanya digunakan untuk bersenang-senang. Jika ini yang sedang terjadi, Minbi sarankan segeralah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Apa Pentingnya Menabung Bagi Mahasiswa?

Mengelola keuangan dengan cara menabung adalah hal yang harus dibiasakan sejak sekarang. Lebih-lebih untuk kamu yang sedang menjalani program sarjana. Tidak ada yang menjamin setelah lulus akan mendapatkan pekerjaan, nah dengan menabung setidaknya kamu punya rencana keuangan sendiri.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari menabung. Hal ini harus disadari sejak dini supaya tidak terlambat dan menyesal di masa tua. Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dari menabung bagi mahasiswa;

  • Hidup lebih hemat
  • Dapat memahami konsep keuangan
  • Menghargai uang
  • Melatih kedisiplinan
  • Lebih mandiri
  • Merencanakan pengelolaan uang
  • Terhindar dari berhutang
  • Memiliki dana darurat, dan lain sebagainya.

7 Tips Cara Menabung Uang Jajan Bagi Mahasiswa

Secara umum cara menabung uang jajan dapat diartikan dengan menyimpan uang dan tidak digunakan untuk kebutuhan jangka pendek. Namun faktanya, menabung tidak semudah teori tersebut karena ada banyak sekali faktor yang menyebabkan aktivitas ini selalu gagal. Berikut adalah tips menabung uang jajan bagi mahasiswa:

1. Menentukan Tujuan Keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan keuangan baik untuk jangka panjang atau pendek. Banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya menentukan tujuan terlebih dahulu. Jika menabung hanya dari uang sisa, maka akan sangat sulit untuk membangun aset di masa depan.

Coba pikirkan apa yang sedang kamu inginkan, contohnya motor, liburan, gadget atau hal-hal lain. Buatlah perencanaan keuangan untuk bisa mencapai keinginan tersebut. Beberapa manfaat jika kamu memiliki tujuan tabungan adalah:

  • Lebih semangat menabung
  • Dapat menentukan berapa besar uang yang harus disisihkan
  • Dapat merencanakan kapan tujuan tersebut akan tercapai, dan lain-lain

2. Sisihkan Uang Jajan Sebelum Digunakan

Masalah terbesar cara menabung uang jajan adalah tidak adanya kontrol terhadap penggunaan uang. Membagi-bagi uang jajan ke dalam berapa kategori akan memudahkan kamu menyisihkan untuk tabungan. Cobalah bagi uang jajan ke dalam beberapa kategori berikut:

  • 50% uang jajan digunakan untuk keperluan sehari-hari
  • 30% dari uang jajan digunakan untuk kebutuhan opsional
  • 20% dari uang jajan digunakan untuk tabungan dan investasi

Lakukanlah pengelompokkan ini sejak awal bulan ketika pertama kali dikirimi uang jajan. Sebisa mungkin untuk membakukan anggaran dengan presentasi di atas. Walaupun memang presentasi tersebut bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan sehari-hari.

3. Gunakan Celengan yang Unik

Cara menabung uang jajan berikutnya adalah dengan menggunakan celengan yang unik. Tujuannya adalah supaya kamu lebih bersemangat menyisihkan uang setiap hari. Atau bisa juga membuat celengan sendiri supaya lebih kreatif dan tentunya hemat anggaran.

4. Pikirkan Kembali Sebelum Membelanjakan Uang

Supaya sukses menabung perlu dimulai dari kesadaran diri sendiri, karena tidak ada yang menghukum kamu jika tidak menabung. Cobalah tanyakan kepada diri sendiri sebelum menghabiskan uang untuk belanja dan senang-senang. Tanyakan hal-hal demikian jika godaan belanja muncul di dalam benak pikiran:

  • “Apa yang akan saya dapatkan jika membelanjakan uang ini?”
  • “Apakah saya akan punya masa depan indah jika selalu boros ketika masih muda?”
  • “Bagaimana saya bisa mencapai tujuan keuangan jika semua uang jajan habis begitu saja?”
  • Dan pertanyaan lainya.

5. Jangan Sepelekan Uang Recehan

Saat belanja di toko retail sering sekali kita mengabaikan uang kembalian karena dianggap tidak penting. Sebenarnya ini bukan tindakan yang bijak karena sekecil apa pun uang tersebut jika dikumpulkan akan menjadi banyak. Seribu-dua ribu mungkin tidak terlalu besar, bagaimana jika uang tersebut dikumpulkan selama satu tahun?

Cobalah untuk membuat celengan khusus untuk uang-uang receh. Misalnya seperti uang pecahan seribu, lima ribu, sepuluh ribu dan lain-lain. Jika rutin melakukannya bukan tidak mungkin dalam satu tahun hasilnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

6. Kurangi Kegiatan Nongkrong

Berapa uang yang kamu habiskan ketika nongkrong dengan teman di cafe? 50 ribu atau 100 ribu? Belum lagi jika dalam satu bulan aktivitas ini dilakukan 5 sampai 10 kali. Bayangkan sudah berapa uang yang dikeluarkan untuk hal-hal yang kurang penting demikian.

Jika uang tersebut disisihkan tentu akan lebih mudah bagi kamu untuk mencapai rencana dan target keuangan. Poin pentingnya adalah, kamu tetap  boleh nongkrong bersama teman namun jangan terlalu sering karena masa depan Kamu jauh lebih berharga.

Cara menabung uang jajan memang membutuhkan kesadaran dari diri sendiri. Terlebih untuk para pemuda yang masih menjalani program sarjana, pastikan Kamu memiliki tabungan untuk menjamin financial ketika sudah lulus nanti.

Nah, untuk menjamin financial kamu setelah lulus ada baiknya uang jajan kamu di investasikan mulai dari sekarang. Dengan BIONS kamu bisa memulai investasi dari 100 ribu rupiah saja dan kamu bisa berinvestasi kapanpun serta di mana saja melalui aplikasi BIONS. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang juga di BIONS!

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut