BIONS | 2022-04-11

Rahasia dan Tips Investasi Saham Ala Warren Buffett

Bions.id - Jika kamu ingin sukses investasi saham, selain belajar teori dan praktik investasi saham, kamu juga harus belajar dari pengalaman investor saham triliuner yang telah berhasil menaklukkan pasar saham. Salah investor saham sukses paling terkenal adalah Warren Buffett. Lalu siapa Warren Buffet dan bagaimana rahasia sukses dan tips investasi saham ala Warren Buffett?

Siapa Warren Buffet?

Warren Buffett dikenal sebagai triliuner dengan total kekayaan bersih hingga 126,3 miliar USD berdasarkan data di tahun 2022. Dia adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar dari perusahaan Berkshire Hathaway yang merupakan penggabungan dari tujuh perusahaan kecil lainnya yang juga dia kelola sejak usia 29 tahun.

Warren Buffett adalah seorang investor saham legendaris yang sangat terkenal. Sejarah kesuksesan investasi Warren Buffett telah diakui banyak orang  dan menjadikan dia sebagai salah satu investor saham yang sangat inspiratif. Lalu bagaimana rahasia tips investasi saham ala Warren Buffett?

Rahasia dan Tips Investasi Saham Ala Warren Buffett

Setiap orang akan memiliki strategi investasi saham yang berbeda-beda. Saat berinvestasi di saham, kita harus membuat dan menentukan strategi khusus untuk menghasilkan efisiensi investasi terbaik. Warren Buffett juga memiliki strategi dan cara investasi sahamnya sendiri. Berikut rahasia dan tips investasi saham ala Warren Buffett yang menjadi poin kunci untuk membantunya membangun kekayaan raksasa hingga saat ini.

1. Hanya berinvestasi dalam bisnis yang benar-benar dipahami

Tips investasi saham ala Warren Buffett pertama sebaiknya kamu hanya berinvestasi pada bisnis yang benar-benar kamu pahami, terutama saat kamu berinvestasi di saham.

Kamu perlu memahami produk dari perusahaan yang menjual sahamnya. Apakah mereka bergerak di bisnis jasa dan barang yang berpotensi berkembang di masa depan atau tidak? Sebelum berinvestasi dalam bisnis apapun, investor harus rasional dan mengikuti prinsip-prinsip yang telah mereka tetapkan saat menganalisis sebuah bisnis.

Warren Buffett sering memilih investasi saham di perusahaan yang dia pahami dan yakini bahwa produk yang dijual perusahaan tersebut stabil dan berpotensi tumbuh dalam 10-15 tahun ke depan.

Warren Buffett mengatakan bahwa kamu harus menganggap membeli saham seperti kamu membeli sebuah rumah. Kamu harus benar-benar memahami dan menyukai rumah tersebut, sehingga begitu kamu memilikinya, kamu akan measa puas bahkan jika kamu tidak dapat menjualnya lagi. .

2. Bangun strategi investasi jangka panjang

Saat berinvestasi saham, kamu harus memiliki pandangan ke depan dan memahami tren pasar saham. Jika kamu hanya ingin menghasilkan uang dengan cepat, maka pasar saham mungkin bukanlah tempatnya. Mengapa demikian? Karena pasar saham hanya benar-benar akan berkembang dalam jangka panjang.

Misalnya kamu membeli sebuah saham, keuntungannya saat membeli saham dalam jangka pendek tidak bisa langsung tumbuh dan berkembang pesat. Kamu harus menunggu beberapa tahun kedepan untuk mengetahui perkembangan bisnisnya. Karena itu investor saham harus memiliki visi jangka panjang tentang potensi pengembangan bisnis emiten saham yang dibelinya.

Jika kamu hanya ingin membeli saham dan menjualnya lagi dalam jangka pendek demi mendapatkan keuntungan dari selisihnya, maka kamu hanya akan menghasilkan keuntungan sangat sedikit dibandingkan dengan menahan saham untuk jangka panjang.

3. Perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang kuat diprioritaskan terlebih dahulu

Menemukan dan berinvestasi saham perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang kuat harus menjadi prioritas.

Maka dari itu, tips investasi saham ala Warren Buffett selanjutnya adalah hanya membeli sebuah perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang kuat dibandingkan pesaing bisnis lainnya.

Jika kamu memiliki saham perusahaan tersebut, kemungkinan keuntungan di masa depan yang kamu dapatkan akan lebih tinggi dan berkelanjutan.

4. Uang tunai harus kamu miliki

Warren Buffet juga menyatakan selalu memiliki uang tunai di tangan, tidak dimasukan ke dalam saham semua. Karena terkadang kita bisa menemukan saham bagus dengan harga murah yang tidak terduga waktunya. Untuk mengatasinya agar bisa membeli saham tersebut, maka kamu harus memiliki uang tunai.

Selain itu menyimpan uang tunai juga akan membantu kamu untuk bertahan saat pasar saham mengalami penurunan yang tajam dan drastis, sehingga kamu tidak terlalu stress karena kamu masih menyimpan uang tunai untuk membayar tagihan, belanja dan kebutuhan lainnya.

5. Patuhi batas keamanan saat berinvestasi

Saat berinvestasi saham, pastikan kamu telah menyimpan cadangan dana darurat untuk diri sendiri. Karena itu, saat memilih membeli sebuah saham untuk dimasukan ke portofolio, sebaiknya tidak boleh terlalu besar karena risiko tidak terduga bisa saja terjadi di waktu yang tidak kita ketahui.

Investor yang cerdas tidak akan pernah fokus pada satu saham saja. Karena itu kamu harus memilih untuk berinvestasi dalam suatu bisnis yang berkualitas, tetapi dibagi ke dalam beberapa saham perusahaan. Tips investasi saham ala Warren Buffett ini merupakan cara yang efektif untuk meminimalisir risiko berinvestasi saham.

Itulah rahasia dan tips investasi ala Warren Buffett.  Buat kamu yang masih ingin belajar berinvestasi, kamu bisa mengikuti sekolah pasar modal yang rutin diadakan di BIONS by BNI Sekuritas.

Disini kamu akan belajar dasar investasi saham, reksadana, analisa teknikal ataupun fundamental, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung aja follow media sosial resmi BIONS ini ya:

Dengan kamu follow media sosial BIONS kamu bisa mengikuti atau melihat update terbaru di  BIONS dan juga informasi promo serta jadwal sekolah pasar modal, lho. 

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut