Admin Dina | 2021-01-18

Investing: As Early As Possible

YOLO

Familiar dengan istilah tersebut? Ya YOLO atau You Only Live Once adalah salah satu istilah yang tidak asing di telinga anak muda zaman sekarang. Tidak sedikit anak muda yang menganggap hidup adalah untuk hari ini, bagaimana dengan besok? Yaudahlah pikirin besok aja sih!

Namun pada kenyataannya banyak dari anak muda sekarang sedang berada di masa transisi menuju kehidupan pekerjaan dimana kita dituntut untuk dapat mengatur keuangan secara mandiri dan mulai menabung untuk persiapan kebutuhan masa depan

"Namun, apakah dengan memulai menabung itu saja cukup?"

Tidak, uang kita akan berkompetisi dengan musuh alaminya, yaitu inflasi.

Investasi, pada dasarnya adalah pengorbanan yang dilakukan di masa sekarang dengan harapan mendapatkan profit di masa mendatang. Investasi, seperti banyak hal lainnya di dalam hidup, akan menguntungkan jika dilakukan sedini mungkin. Mengapa? Karena sejak dini kita dapat melindungi nilai aset yang kita miliki dari inflasi yang menyebabkan turunnya nilai uang yang kita miliki. Namun tidak hanya itu, memulai investasi sejak muda juga dapat memberimu keuntungan lain seperti berikut ini:

1.   Memiliki Penghasilan Sampingan

Dengan berinvestasi kamu dapat memiliki penghasilan sampingan selain penghasilan tetap. Namun, hasil investasi ini perlu waktu untuk bertumbuh. Oleh sebab itu, mengapa memulai investasi sejak dini sangat dianjurkan, karena dengan begitu kamu dapat memiliki waktu yang cukup panjang untuk mengembangkan investasimu dan menikmati potensi profit yang lebih besar.

Tentunya, dengan memiliki penghasilan tambahan dapat membuat biaya kehidupan menjadi lebih ringan

2.   Membantu Memenuhi Kebutuhan di Masa Mendatang

Memiliki Investasi sama dengan memiliki cadangan uang lain selain sumber penghasilan tetap. Cadangan uang tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk keperluan di masa depan, seperti dana darurat, dana pensiun, membeli rumah dan berbagai tujuan masa depan lainnya. Dengan berinvestasi, tentunya dapat membantu seseorang untuk menyiapkan masa depan.

3.   Memiliki Kebebasan Finansial

Menjalani hidup tanpa harus dibebani pikiran tentang masalah keuangan, tidak khawatir memikirkan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang, tentu saja merupakan impian banyak orang. Keadaan tersebut dapat dibilang sebagai bebas secara finansial. Dengan rutin melakukan investasi sejak dini, kita akan memiliki pundi – pundi tambahan penghasilan sehingga kita terbebas dari rasa khawatir tersebut.

4.   Memberikan Pengalaman Investasi

Salah satu manfaat dari memulai investasi sejak dini adalah kamu mendapatkan pengalaman dalam berinvestasi. Berinvestasi tentunya bukan hal yang mudah jika tidak memiliki ilmu dan pengalaman yang memadai.

Namun, apabila kamu memulai investasi ketika masih muda, kamu akan lebih berani untuk mengambil risiko, lebih jeli melihat peluang dan juga memiliki waktu yang cukup untuk pembelajaran dalam berinvestasi.

Pastinya tidak semua orang ingin gagal dalam berinvestasi, namun seandainya hal tersebut terjadi, kamu dapat memulai dari awal lagi karena kamu masih muda, masih memiliki penghasilan tetap, dan memiliki banyak waktu untuk mencari pengalaman, serta belum memiliki tanggung jawab yang besar seperti memenuhi kebutuhan keluarga, membayar cicilan dan lainnya.

5.   Melatih Disiplin dalam Mengelola Keuangan

Memulai investasi sejak dini juga dapat membantumu mengelola keuangan lebih baik. Dengan adanya tanggung jawab investasi, kamu juga tentunya akan menuntut diri sendiri untuk displin dalam mengatur uang lebih efektif.

Tentunya untuk mengelola keuangan secara efektif, kamu otomatis akan mulai menyeleksi pengeluaran, kamu akan dengan sendirinya belajar bagaimana mengatur dan membelanjakan uang serta mengalokasikannya untuk keperluan yang lebih penting.

Banyak banget kan manfaat dari memulai investasi sejak dini? Nah, Jangan takut untuk memulai berinvestasi, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantu kamu untuk memulai investasi. Salah satunya dengan aplikasi BIONS dari BNI Sekuritas yang dapat langsung kamu download aplikasinya di Google Play Store maupun di Apple App Store.

BNI Sekuritas juga sering mengadakan Sekolah Pasar Modal untuk nasabah – nasabah BNI Sekuritas lho! Pastinya dengan narasumber-narasumber yang profesional dan berpengalaman di dunia investasi dan pasar modal, jadi banyak banget ilmu dan informasi yang kamu dapatkan terkait investasi.

Jadi daripada gaji habis untuk hal – hal yang tidak terlalu penting, alangkah lebih bijak apabila diinvestasikan untuk mendapatkan profit kedepannya kan Sobi?

 

 

 

Related Tutorial

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut