Admin Dina | 2021-05-27

Investasi EBA Ritel? Yuk, Kenali Risikonya

Seperti 2 sisi koin, investasi dan risko adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Investasi adalah suatu kegiatan yang berkaitan erat dengan kejadian di masa depan, sehingga tidak ada yang dapat mengetahuinya dengan pasti. Oleh karena itu, risiko adalah satu hal yang tidak dapat dihindari dalam berinvestasi.

Hal tersebut berlaku juga dalam berinvestasi EBA Ritel. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu EBA Ritel beserta keuntungan berinvestasi dalam EBA Ritel. Sekarang kita akan membahas mengenai risiko-risiko yang terdapat pada investasi EBA Ritel.

Apa saja risiko yang terdapat di dalam investasi EBA Ritel?

1. Risiko Kredit

Risiko kredit merupakan potensi kerugian yang terjadi karena tidak terbayarnya kewajiban pokok dan bunga yang menjadi hak pemegang EBA Ritel yang disebabkan oleh terjadinya kegagalan pembayaran angsuran dari debitur KPR.

2. Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas merupakan potensi kerugian yang terjadi karena ketidakmampuan melakukan penjualan kembali EBA Ritel di pasar sekunder.

3. Risiko Pasar

Risiko pasar adalah potensi kerugian yang terjadi karena perubahan harga EBA Ritel dalam perdagangan di dalam pasar sekunder. Umumnya, kerugian risiko pasar direalisasikan ketika terjadi penjualan oleh pemegang EBA Ritel atau pada periode penutupan tahun buku.

4. Risiko Pelunasan Dipercepat (Prepayment Risk)

Risiko pelunasan lebih awal merupakan potensi kehilangan kesempatan pendapatan bunga bagi pemegang EBA Ritel karena pembayaran pokok dipercepat oleh debitur KPR, dan pelaksanaan opsi Clean-up Call oleh Penyedia Jasa.

5. Risiko Hukum

Risiko hukum adalah potensi kerugian yang terjadi karena kelemahan aspek-aspek yuridis di dalam perjanjian pelaksanaan likuidasi jaminan dan penatausahaan EBA Ritel, termasuk jika terdapat perselisihan di antara para pihak yang terlibat dalam transaksi sekuritisasi EBA Ritel.

6. Risiko Operasional

Risiko operasional merupakan potensi krugian yang dapat terjadi karena kegagalan maupun kesalahan sistim dari prosedur dalam melakukan penatausahaan EBA Ritel yang dilakukan oleh Penerbit, Wali Amanat, Bank Kustodian, dan Penyedia Jasa.

Nah sekarang kamu jadi tahu kan apa saja risiko dalam investasi EBA Ritel. Dalam melakukan kegiatan investasi, faktor risiko merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Setiap kegiatan investasi selalu mengandung risiko, tetapi risiko tersebut dapat dikelola dengan beberapa cara seperti mengetahui profil risiko pribadi, mengetahui cara-cara berinvestasi serta memahami seluk beluk produk investasi yang hendak kita pilih.

BNI Sekuritas bersama SMF rutin mengadakan program Sekolah Pasar Modal mengenai EBA Ritel yang mengupas tuntas tentang seluk beluk produk investasi EBA Ritel, baik keunggulan maupun risiko-risikonya. Sehingga kamu dapat membekali diri kamu mengenai produk investasi satu ini Sobat BIONS! Kamu bisa cek jadwalnya di sini.

Ayo tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga dan mulai berinvestasi EBA Ritel bersama BIONS!

 

Related Tutorial

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut