BIONS | 2022-10-13

Obligasi Korporasi: Investasi Rendah Risiko Untung Menjanjikan

Seorang investor perlu melakukan diversifikasi portofolio, yaitu memiliki beragam instrumen investasi untuk mengurangi risiko dalam berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih adalah obligasi korporasi, investasi dengan untung pasti dan rendah risiko.

Apa itu Obligasi Korporasi?

Obligasi Korporasi adalah surat utang yang dijual pada investor dan diterbitkan oleh suatu perusahaan. Perusahaan yang dapat menerbitkan obligasi ini adalah perusahaan BUMN, BUMD atau perusahaan swasta nasional.

Tujuan perusahaan menerbitkan obligasi korporasi adalah untuk memenuhi kebutuhan pendanaan, sedangkan tujuan investor membeli surat utang untuk mendapatkan kupon dari hasil investasinya. Pada saat jangka waktu surat utang berakhir, pembayaran kupon juga akan ikut berakhir dan nilai pokok obligasi ini akan dikembalikan. 

Secara umum, hal yang menjadi penyokong dari kemampuan perusahaan dalam melakukan pembayaran kupon dan pokok utang bergantung pada prospek keuntungan perusahaan di masa depan. Secara spesifik, aset perusahaan dapat digunakan sebagai jaminan kemampuan pembayaran.

Baca Juga: Kenalan dengan SBN yuk!

 

Apa Saja Keuntungan dari Investasi Obligasi Korporasi?

Obligasi korporasi dapat dilihat sebagai instrumen investasi pendapatan tetap yang relatif rendah risiko. Investor dapat melakukan diversifikasi portofolio dengan cara menambah obligasi korporasi sebagai sarana untuk mengamankan portofolionya.

Tentunya bagi seorang investor, ia harus menimbang keuntungan yang akan didapat dan besaran risikonya. Terdapat dua hal yang menjadi keuntungan dalam berinvestasi obligasi korporasi:

1. Menghasilkan Pendapatan Tetap

Keuntungan berinvestasi dalam obligasi korporasi adalah mendapatkan kupon atau bunga secara rutin hingga jangka waktu obligasi tersebut habis. Umumnya kupon obligasi lebih tinggi daripada bunga deposito perbankan dan juga obligasi pemerintah.

2. Capital Gain dari Penjualan Obligasi

Keuntungan lainnya adalah capital gain yang bisa didapatkan dari penjualan obligasi korporasi. Pemegang obligasi dapat memperjualbelikan investasi yang dimilikinya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pada saat membelinya. Selisih dari harga beli dan harga jual disebut sebagai capital gain.

 

Lalu, Apa Saja Risiko dari Obligasi Korporasi?

Setelah investor mengetahui keuntungan yang akan didapatkan ketika berinvestasi dalam instrumen obligasi korporasi, ia juga harus mengetahui risiko dari investasi obligasi korporasi. Terdapat dua hal yang menjadi risiko, yaitu:

1. Terjadi Default  oleh Perusahaan

Risiko yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi dalam obligasi korporasi adalah kemungkinan terjadinya gagal bayar dari perusahaan penerbit. Kegagalan perusahaan dalam membayarkan kupon dan pokok utang ini umumnya disebut sebagai default.

2. Fluktuasi Harga Obligasi

Risiko lainnya adalah harga dari obligasi korporasi yang rentan dari pergerakan suku bunga. Apabila suku bunga sedang rendah, harga obligasi dapat meningkat, dan begitu pula sebaliknya. Maka, investor perlu memperhitungkan dengan matang dan melakukan forecasting terhadap suku bunga agar investasinya memperoleh untung yang optimal.

Baca Juga: EBA Ritel: Tak Kenal Maka Tak Sayang

Berdasarkan keuntungan, risiko, dan karakteristiknya, obligasi korporasi lebih tepat bagi investor yang berdana besar dan cukup berpengalaman. Meskipun obligasi ini menawarkan besaran kupon yang lebih tinggi dari obligasi pemerintah, seorang investor harus mengingat konsep high risk high return

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi pada obligasi korporasi adalah rating. Rating obligasi adalah suatu peringkat yang diberikan oleh perusahaan atau lembaga penilai obligasi terkait kelayakan dan kemampuan penerbitnya.

Dengan memahami obligasi korporasi secara menyeluruh, investor dapat dengan tepat meletakkan dana investasinya. Maka dari itu, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membeli obligasi korporasi.

Ini lah Beberapa Langkah untuk Membeli Obligasi Korporasi

Investor dapat membeli obligasi korporasi melalui dua cara, yaitu melalui mekanisme pasar perdana atau melalui pasar sekunder. Pasar perdana berarti investor membeli langsung pada masa penawaran perdana melalui perusahaan sekuritas yang ditunjuk secara resmi. Cara kedua adalah melalui pasar sekunder yang berarti investor membeli obligasi korporasi melalui mekanisme bursa atau perbankan.

Bersama BIONS by BNI Sekuritas, kamu dapat berinvestasi obligasi korporasi. Kamu bisa mulai dengan mendownload Aplikasi BIONS terlebih dahulu. Penawaran perdana obligasi korporasi (tidak selalu ada setiap saat), dimana jika penawaran obligasi korporasi sedang berlangsung kamu bisa menemukannya di menu “Others” pada Homescreen BIONS, lalu mengikuti langkah dibawah ini untuk melakukan investasi:

  1. Isi dan tanda tangan Lembar Pernyataan Minat 

  2. Setor dana sesuai Nominal Setor (Nominal Pemesanan + Fee Pemesanan) ke RDN 

  3. Lakukan pemesanan secara online melalui BIONS Mobile atau website  app.bions.id. Pilih menu “others”dari homescreen dan tap penawaran yang sedang berlangsung

  4. Upload Lembar Pernyataan Minat, KTP dan Bukti setor pada form pemesanan di BIONS

  5. Selanjutnya, pembelian kamu akan di proses.

Bagaimana mudah bukan? Yuk mulai berinvestasi obligasi korporasi #BersamaBIONS untuk diversifikasi instrumen investasi mu! 

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut