BIONS | 2022-03-30

Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Bions.id - Dalam dunia investasi saham, investor pemula harus mengetahui bahwa ada saham biasa dan saham preferen..  Adanya kedua jenis saham ini pastinya akan membuat investor pemula menjadi bingung. Dan ingin mengetahui apa perbedaan saham biasa dan saham preferen dan manakah jenis saham yang lebih menguntungkan?

Apa Sih Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen?

Jika kamu ingin mengetahui perbedaan saham biasa  dan saham preferen, maka sobat BIONS harus membaca pembahasan artikel di bawah ini.

Dilansir dari website idxchannel, saham biasa (common stock) adalah surat berharga yang menyatakan kepemilikan seorang investor atas saham yang dibelinya dari sebuah perusahaan. Sedangkan saham preferen (preferred stock) adalah saham yang pemiliknya memiliki hak lebih dibandingkan orang yang memiliki saham biasa. Keistimewaan yang didapatkan dari pemilik saham preferen adalah mendapatkan dividen terlebih dahulu.

Saham preferen preferen juga merupakan saham yang mempunyai karakteristik gabungan antara saham biasa dan obligasi, sehingga pemilik saham preferen bisa mendapatkan pendapatan tetap seperti bunga obligasi.

Karakteristik Saham Biasa dan Saham Preferen

Untuk lebih jelas tentang perbedaan saham biasa dan saham preferen juga bisa dilihat dari karakteristiknya.

Karakteristik Saham Biasa

  • Saham biasa mempunyai hak suara untuk memilih jajaran manajemen perusahaan dan juga melakukan kontrol atas kebijakan dari sebuah perusahaan.
  • Bisa mendapatkan potensi keuntungan jangka panjang yang besar. Terutama saat kinerja perusahaan bertambah baik dan harga saham juga ikut naik.
  • Saham biasa tidak bisa ditukar atau dikonversikan ke saham preferen.
  • Pemilik saham biasa memiliki hak perolehan bagian aset perusahaan terakhir setelah perusahaan membagikannya terlebih dahulu kepada kreditor danpemegang saham preferen.

Karakteristik Saham Preferen

  • Saham preferen memiliki beberapa tingkatan yang berbeda-beda.
  • Pemegang saham preferen mempunyai prioritas tinggi dan didahulukan dalam pembagian dividen perusahaan.
  • Saat kondisi tertentu saham preferen dapat dikonversikan menjadi saham biasa.
  • Mempunyai hak untuk mendapatkan pembayaran terlebih dahulu atas dividen yang sempat ditangguhkan perusahaan, sebelum membagikannya ke pemegang saham biasa.

Kelebihan dan Kekurangan Saham Biasa dan Saham Preferen

Setelah mengetahui perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, kita juga akan menginformasikan tentang kelebihan dan kekurangan Saham Biasa dan Saham Preferen.

Saham Biasa

Saham biasa memiliki kelebihan yaitu dapat diperjualbelikan dan tidak ada jangka waktu atau jatuh tempo pembelian saham, dan memungkinkan melakukan diversifikasi..

Sedangkan kekurangan saham biasa adalah penjualan saham dapat dikendalikan oleh investor mayoritas dan jjika perusahaan bangkrut atau dilikuidasi, maka pemegang saham biasa akan mendapatkan prioritas terakhir atas hak bagian aset perusahaan maupun pembayaran kembali permodalan setelah kreditor dan pemegang saham preferen terlebih dahulu.Saham Preferen

Kelebihan pemegang saham preferen adalah mendapatkan dividen yang diprioritaskan terlebih dahulu atas laba bersih perusahaan. Jumlah dividen yang dibagikan ke pemilik saham preferen juga lebih besar dibanding kepemilikan saham biasa.

Selain itu, kelebihan saham preferen lainnya, investor akan diprioritaskan mendapatkan permodalan terlebih dahulu saat perusahaan dilikuidasi, sebelum perusahaan mengembalikan modalnya ke pemegang saham biasa.

Kekurangan memiliki saham preferen  adalah sulit diperjualbelikan karena biasanya jumlahnya relatif kecil. .

Cara Membeli Saham Preferen

Jika kamu tertarik untuk membeli saham preferen, untuk mendapatkannya tidak mudah. Karena saham preferen yang beredar jumlahnya sangat sedikit dan modal untuk membeli saham preferen juga cukup besar.

Umumnya pembeli saham preferen adalah sebuah perusahaan ataupun sebuah institusi, karena nilai pembelian saham preferen juga harus dalam jumlah besar.

Hal inilah yang menjadi alasan utama sebuah perusahaan menerbitkan saham preferen yaitu perusahaan penerbit saham preferen ingin mendapatkan modal dalam jumlah besar untuk menjalankan bisnisnya.

Jenis-Jenis Saham Preferen

Saat kamu tertarik untuk membeli saham preferen, ada beberapa jenis saham preferen, seperti :

1. Saham Preferen Konvertibel (Convertible Preferred Stock)

Saham preferen jenis ini bisa dikonversikan atau ditukar ke saham biasa setelah tanggal yang ditetapkan. Jenis saham preferen ini bisa ditukarkan atas dasar permintaan investor atau berdasarkan ketentuan perusahaan.

2. Saham Preferen Partisipasi (Participating Preferred Stock)

Jenis saham preferen kedua ini dapat memberikan dividen tambahan kepada pemegangnya berdasarkan kondisi yang ditetapkan perusahaan.

3. Saham Preferen Kumulatif (Cumulative Preferred Stock)

Jenis saham preferen kumulatif merupakan saham preferen yang mengharuskan perusahaan membayarkan semua dividen kepada pemegangnya, termasuk tunggakan dividen yang pernah ditangguhkan.

4. Saham Preferen yang Dapat Ditebus (Callable Preferred Stock)

Saham Callable Preferred Stock merupakan jenis saham preferen yang bisa ditebus oleh perusahaan atau penerbit dengan nilai yang sudah ditetapkan sebelum jatuh tempo. Umumnya saham preferen jenis ini dilakukan oleh perusahaan penerbit yang mendapatkan pembiayaan karena penggabungan utang dan ekuitas.

5. Saham Preferen Disesuaikan (Adjustable Rate Preferred Stock/ARPS)

Saham ARPS merupakan saham preferen yang pembagian dividennya bervariasi. Nilai dividen dari saham preferen jenis ini ditentukan dengan dasar suku bunga acuan atau pergerakan kurs, sehingga jumlah pembayaran dividen saham preferen jenis ini tidak tetap, bisa naik atau bisa turun.

Nah, bagaimana sobat BIONS? Pastinya sekarang kamu sudah paham perbedaan antara Saham Biasa dengan Saham Preferen. Kalau kamu masih bingung, BIONS by BNI Sekuritas juga rutin mengadakan sekolah pasar modal yang diadakan setiap Minggunya.

Tentunya, kamu harus memiliki akun BIONS terlebih dahulu dan jangan lupa juga untuk follow semua akun media sosial BIONS:

Dengan kamu follow media sosial BIONS kamu bisa mengikuti atau melihat update terbaru di  BIONS dan juga informasi promo serta jadwal sekolah pasar modal, lho.

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut