BIONS | 2022-12-14

Investasi Modal Kecil: Langkah Awal Menuju Financial Freedom

Menikmati masa tua dengan kondisi keuangan yang stabil adalah impian setiap orang. Demi mencapai kebebasan finansial pada masa mendatang, tentunya selain menabung kamu juga harus berinvestasi. Saat ini jika ingin berinvestasi kamu tidak lagi membutuhkan modal yang besar, kamu dapat memulainya dengan modal puluhan ribu rupiah. Yuk mulai langkah awal mencapai kebebasan finansial dengan investasi modal kecil.

Mengapa Investasi Penting

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Memiliki kondisi finansial yang matang pastinya menjadi keinginan setiap orang, berbagai kebutuhan seperti mempersiapkan pendidikan, menikah, memiliki keluarga, hingga pensiun akan menghampiri dan menjadi tujuan. Belum lagi kebutuhan-kebutuhan tambahan lainnya seperti berlibur, membeli mobil atau rumah baru. Jika hanya mengandalkan tabungan dan gaji bulanan, tentunya akan membutuhkan jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, diperlukan investasi agar dana yang dimiliki dapat bertumbuh di masa yang akan datang.

Baca Juga: Mudah dan Efektif, Ini Cara Menabung Uang Jajan Bagi Mahasiswa

 

Instrumen Investasi Modal Kecil

Bagi pemula bisa memulai investasi di instrumen investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dan juga profil risiko. Berikut ini beberapa pilihan investasi modal kecil yang dapat kamu jadikan pilihan dalam berinvestasi.

1. Reksa Dana

Jenis investasi pertama dengan modal kecil adalah reksa dana. Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat selaku pemodal, untuk selanjutnya diinvestasikan melalui manajer investasi. Investasi reksa dana sangat cocok untuk pemula yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian dalam menghitung risiko investasi mereka. Selain itu, investor tidak memerlukan modal besar untuk memulai berinvestasi reksa dana, cukup dengan Rp 10.000 saja kamu sudah berinvestasi.

2. Obligasi Pemerintah

Selanjutnya terdapat instrumen obligasi. Obligasi sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh korporat atau pemerintah dengan imbalan kupon. Instrumen ini cocok untuk investor yang ingin berinvestasi jangka panjang, karena menawarkan pendapatan yang tetap selama periode tertentu. Harga obligasi sangat beragam bergantung dari pihak penerbit dan juga tenor obligasi tersebut. Beberapa produk obligasi yang diterbitkan pemerintah adalah Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel, Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel (SBR).

3. Investasi Saham 

Instrumen lain yang dapat kamu investasikan dengan modal yang kecil adalah saham. Meskipun tergolong high risk, high return, saham merupakan instrumen dengan modal kecil yang dapat menghasilkan return yang berlipat. Harga saham cukup bervariatif mulai dari 50 rupiah hingga puluhan ribu rupiah per lembarnya. Namun untuk membeli saham kamu perlu membelinya minimal 1 lot (100 lembar). Hal ini berarti harga saham paling murah yaitu Rp 5.000. 

Teruntuk para investor pemula yang ingin berinvestasi saham namun minim risiko, maka kamu dapat  membeli reksa dana saham. Reksa dana saham cocok karena mayoritas portofolionya berada pada saham pilihan manajer investasi yang telah berpengalaman. Selain itu investor pemula juga dapat berinvestasi pada saham-saham blue chip karena jenis saham ini memiliki reputasi tinggi dan berkapitalisasi besar.

 

Tips Investasi dengan Modal Kecil

1. Pilih instrumen investasi yang tepat

Terdapat beragam jenis instrumen investasi seperti yang telah disebutkan di atas. Instrumen tersebut cocok untuk investasi dengan modal kecil. Saat memilih instrumen investasi yang tepat kamu perlu menyesuaikannya dengan kondisi keuangan dan juga profil risiko yang kamu miliki. 

2. Pilih Platform Sekuritas yang Aman dan Terpercaya

Pilihan platform investasi saham online semakin banyak dan dapat ditemukan dengan mudah. Pastikan sekuritas dan platform yang kamu pilih resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan diawasi oleh OJK. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari investasi di perusahaan yang tidak resmi.

Baca Juga: Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Modal Kecil Yang Menguntungkan

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya diketahui untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan modal kecil. Meskipun dengan modal terbatas jika kamu tetap konsisten menjalaninya maka nilai investasimu terus berkembang dan kamu dapat membangun kondisi finansial yang kuat. Tentunya untuk konsisten kamu dapat memulai dengan langkah awal yaitu mendownload aplikasi yang aman dan terpercaya. Seperti BIONS, salah satu platform investasi yang terpercaya dan tentunya sudah berizin dan diawasi OJK.

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut