BIONS | 2022-11-10

Memahami Reksa Dana Campuran

Investasi reksa dana tergolong mudah karena tidak memerlukan analisis yang mendalam serta modal yang dibutuhkan tidak besar dibandingkan dengan saham, deposito atau obligasi. Salah satu jenis reksa dana adalah reksa dana campuran dimana portofolionya berisi berbagai jenis instrumen investasi. Yuk #SobatBIONS kita pahami seluk-beluk mengenai reksa dana campuran. 

Apa Itu Reksa Dana Campuran?

Reksa Dana Campuran adalah salah satu jenis reksa dana yang di dalamnya terdapat beragam instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito dan juga pasar uang. Komposisi portofolio pada reksa dana campuran tidak boleh melebih 79% dari masing-masing instrumen. Sebagai contoh, sebanyak 75% alokasi dana pada reksa dana campuran ditempatkan pada instrumen saham. Sisanya ditempatkan pada obligasi atau pasar uang sesuai kebutuhan dari manajer investasi. Investasi reksa dana campuran cocok untuk nasabah dengan profil risiko moderat yang ingin berinvestasi jangka menengah hingga jangka panjang dalam waktu 3-5 tahun.

Baca Juga: Investasi Reksa Dana: Calon Investor Wajib Tahu

 

Mengapa Memilih Reksa Dana Campuran?

1. Tingkat Keuntungan Kompetitif

Reksadana campuran menawarkan tingkat keuntungan yang cukup kompetitif (umumnya 10-20% per tahun). Tentunya ini lebih tinggi dibandingkan dengan reksa dana pasar uang ataupun reksa dana pendapatan tetap. 

2. Pembagian Risiko Melalui Diversifikasi Portofolio

Saat kamu berinvestasi di reksa dana campuran dana investasi mu akan ditempatkan pada beberapa instrumen. Dengan demikian, risiko kerugian dalam berinvestasi dapat diantisipasi, pembagian risiko ini sering disebut juga pola diversifikasi. Selain itu, ketika manajer investasi melakukan diversifikasi portofolio dengan baik maka keuntungan yang diperoleh akan maksimal.

3. Fleksibel dan Stabil Menghadapi Gejolak Ekonomi

Di kondisi ekonomi yang bergejolak dan tidak menentu, reksa dana campuran dapat menjadi opsi untuk berinvestasi karena pengelolaannya cenderung fleksibel. Dalam praktiknya, ketika bursa saham sedang anjlok maka manajer investasi akan memfokuskan investasi di instrumen yang lebih stabil seperti surat utang atau pasar uang. 

4. Cocok untuk Investasi Jangka Menengah Hingga Jangka Panjang

Produk reksa dana campuran dapat menjadi alternatif pilihan investor yang belum berani terjun langsung dalam investasi saham namun tetap ingin mendapat keuntungan yang maksimal.  Bagi kamu yang mempunyai tujuan investasi seperti dana pendidikan anak dan juga dana pensiun, kamu dapat berinvestasi pada reksa dana campuran karena sangat cocok untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang.

Baca Juga: Keunggulan Investasi Reksa Dana, Cocok untuk Pemula dan Minim Risiko

 

 

Jenis-Jenis Reksa Dana Campuran

Berinvestasi pada reksa dana campuran memiliki risiko yang relatif dengan potensi tingkat pengembalian yang kompetitif bergantung pada komposisi portofolionya. Berikut merupakan jenis-jenis reksa dana campuran berdasarkan profil risiko:

1. Reksa Dana Campuran Konservatif

Jenis yang pertama adalah reksa dana campuran konservatif, yaitu jenis reksa dana campuran  yang mayoritas investasi dalam portofolionya dialokasikan pada instrumen pasar uang dan instrumen obligasi.

2. Reksa Dana Campuran Moderat

Berikutnya terdapat reksa dana campuran moderat, yaitu jenis reksa dana campuran yang komposisi portofolionya seimbang dari berbagai instrumen, baik instrumen pasar uang, instrumen obligasi dan juga saham.

3. Reksa Dana Campuran Agresif

Terakhir, terdapat jenis reksa dana campuran agresif, jenis ini menyusun portofolionya dengan komposisi instrumen saham yang lebih banyak dibandingkan instrumen pasar uang serta instrumen obligasi.

Jika kamu sudah memiliki Aplikasi BIONS kamu dapat melihat komposisi portofolio reksa dana campuran pada masing-masing produk  dengan cara pilih salah satu produk  reksa dana campuran, geser kebawah dan cari bagian ‘Asset Allocation’ dan kamu bisa melihat komposisi alokasinya.

Saat ini, proses transaksi pembelian reksa dana sudah sangat mudah.  Jika kamu tertarik untuk berinvestasi pada reksa dana campuran kamu dapat memulai dengan download Aplikasi BIONS by BNI Sekuritas dan ikuti langkah pembelian reksa dana di BIONS!

  1. Pilih ‘Mutual Fund’ pada halaman Homescreen aplikasi BIONS

  2. Pilih Reksa Dana yang di inginkan, jika kamu ingin produk Reksa Dana Campuran geser dan klik pilihan RD Campuran

  3. Cari produk Reksa Dana yang kamu inginkan atau cari di kolom ‘Search’

  4. Pastikan kamu membaca Prospektus dan Fact Sheet dari produk Reksa Dana yang akan kamu beli

  5. Pilih ‘Subscribe’

  6. Kolom ‘Subscribe Amount’ isi dengan nominal pembelian yang kamu inginkan

  7. Pilih ‘Subscribe’

  8. Konfirmasi pembelian Reksa Dana pilihanmu dan ceklis persetujuan, lalu klik ‘Confirm’

  9. Akan muncul status order berhasil

                                   

                                                  

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut