BIONS | 2022-11-02

Investasi Aman dengan Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang memiliki risiko terendah dibanding jenis reksa dana lainnya. 

Reksa dana umum merupakan salah satu produk investasi pilihan yang cocok bagi para investor pemula karena dana kamu dihimpun ke manajer investasi yang memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam mengelola modal investasi jadi investasi kamu memiliki resiko yang lebih rendah. Selain itu, investor pun dapat menyalurkan modalnya mulai dari nominal yang sangat terjangkau.  

Dalam rentang pilihan risiko dan potensi keuntungan, jenis reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi investor pemula karena memiliki resiko paling kecil dibandingkan produk reksa dana lainnya. Meskipun keuntungannya lebih rendah dari jenis reksa dana lain, nilai keuntungan yang diperoleh dalam reksa dana pasar uang masih lebih tinggi dibanding menabung deposito pada bank.

Baca Juga: Investasi Reksa Dana: Calon Investor Wajib Tahu

Pengertian Reksa Dana Pasar Uang dan Cara Kerjanya

Menurut Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali pada portofolio oleh manajer investasi. Produk reksa dana ada beragam jenisnya, salah satunya adalah reksa dana pasar uang (RDPU). Reksa dana pasar uang merupakan jenis reksa dana yang seluruh modalnya akan disalurkan pada instrumen pasar uang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun seperti  Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito Berjangka, dan Obligasi.

 

Keuntungan Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang memiliki keuntungan yang berbeda dari jenis reksa dana lainnya. Berikut ini keuntungan yang akan diperoleh dari investasi reksa dana pasar uang: 

1. Return Lebih Besar dibandingkan Deposito

Dana awal investasi reksa dana pasar uang cenderung terjangkau, namun keuntungan  reksa dana pasar uang memiliki potensi return yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito yaitu sekitar 4.5% sampai dengan 5.5% per tahun.

2. Pencairan Keuntungan Paling Cepat

Dibandingkan dengan reksa dana jenis lainnya, pada reksa dana pasar uang pencairan imbal hasil bisa memakan waktu kurang lebih hanya satu hari. Dengan begitu investor dapat dengan segera menggunakan uangnya hingga diterima pada rekening bank investor. 

3. Fleksibel Dalam Mencairkan Uang

Kamu tidak perlu khawatir ketika sewaktu-waktu kamu butuh untuk mencairkan dana mu. Dengan berinvestasi di reksa dana pasar uang kamu memiliki keleluasaan dalam menarik dana pada jumlah kapan saja. Proses pencairannya pun relatif mudah karena dapat dilakukan secara online tidak dikenakan denda. Tentunya, ini cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi, namun membutuhkan dana tunai dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Reksa Dana Syariah!

 

Cermati 4 Hal dalam Berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang

 

1. Mempertimbangkan kondisi finansial pribadi

Gunakanlah uang investasi dari dana yang menganggur sesuai dengan jangka waktu kondisi mu. Jika kamu memiliki uang menganggur dalam rentang harian atau mingguan, aplikasikanlah dana tersebut pada reksa dana pasar uang karena likuiditasnya yang tinggi.

2. Pelajari Prospektus & Fund Fact Sheet

Sebelum memutuskan membeli reksa dana pasar uang kamu tetap perlu membaca prospektus dan juga fund fact sheet. Dokumen prospektus memiliki informasi lengkap mengenai legalitas dan profil manajer investasi, rincian reksa dana yang ditawarkan, kebijakan investasi, underlying asset, biaya-biaya yang harus kamu bayarkan, hingga potensi keuntungan dan risiko. Selanjutnya kamu juga perlu melihat fund fact sheet yang berisi informasi kinerja produk, komposisi aset, dan portofolio efek yang dikeluarkan setiap bulannya. 

 3. Stabilitas Pendapatan

Meskipun dikelola oleh manajer investasi profesional, kamu juga perlu memastikan stabilitas pendapatan dari produk RDPU yang ingin dibeli. Tentunya, kamu perlu cermat dalam melihat stabilitas keuntungan secara keseluruhan karena potensi fluktuasi tetap akan terjadi.

4. Ketahui dan pahami seluruh hak yang dimiliki investor

Sebagai seorang investor kamu perlu memahami serangkaian hak yang kamu peroleh. Hak-hak tersebut diantaranya:

  1. Mendapatkan konfirmasi kepemilikan unit penyertaan oleh KSEI dan APERD tempat kamu membeli reksa dana

  2. Memperoleh imbal hasil investasi

  3. Bebas menjual kembali sebagian atau seluruh unit penyertaan investasi

  4. Hak atas likuidasi secara proporsional jika reksa dana dibubarkan

 

Kesimpulan

Kesimpulannya, sebagai salah satu instrumen investasi reksa dana pasar uang memiliki risiko terkecil. Investasi reksa dana pasar uang bisa dijadikan opsi untuk menyimpan uang tabungan dibandingkan dengan hanya disimpan pada deposito bahkan di bank biasa. 

#SobatBIONS kamu bisa temukan produk Reksa Dana Pasar Uang di BIONS loh, pada Home Screen, pilih Reksa Dana/Mutual Fund, lalu pilih section RD Pasar Uang/Money Market, setelah itu klik produk RDPU yang diinginkan atau cari di kolom ‘Search. Yuk, registrasi sekarang untuk mulai investasi reksa dana pasar uang bersama BIONS.  

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut