Admin Dina | 2021-01-18

Waktu, Ilmu, dan Modal Terbatas? Kenalan yuk dengan Reksa Dana

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyebabkan kebutuhan manusia juga semakin kompleks, semakin banyak pula kebutuhan yang harus kita penuhi. Tidak jarang juga, pengeluaran kita kian membengkak setiap bulannya.

Dari bulan ke bulan kita menyadari semakin sulit untuk menabung, dan investasi bukanlah sebuah pilihan karena berbagai alasan, tidak memiliki waktu, modal bahkan ilmu keuangan yang cukup.

Tetapi apabila kita tidak merubah pola perilaku dalam mengatur keuangan, kita akan selalu kekurangan dan sulit sekali rasanya meraih pencapaian dalam hidup, terutama pencapaian hidup jangka panjang.

Lalu, apakah ada sebuah instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan, meskipun waktu, modal dan ilmu tentang keuangan kita terbatas?

Tentu saja ada, kamu bisa mempertimbangkan untuk investasi reksa dana.

 “Apa bedanya reksa dana dan saham?”

Nah, bagi yang masih belum paham perbedaaan antara saham dan reksa dana itu apa, ada sebuah analogi yang dapat membantu kamu untuk mengerti apa itu reksa dana.

Investasi reksa dana itu ibaratnya kita naik bus, kita menyerahkan kemudi bus tersebut ke sopir bus. Supir yang pegang kendali bus (Manajer investasi), Kernet yang mengontrol pembayaran (bank atau Kustodian), dan penumpang tinggal duduk santai dan menikmati perjalanan (Investor).  

Sedangkan dalam investasi saham diri kita sendirilah yang menjadi supir dan mengemudikan kendaraannya.

Nah sampai sini mulai paham kan apa itu reksa dana. Dari analogi tersebut dapat kita pahami bahwa reksa dana ini merupakan sebuah investasi yang dikelola oleh seorang manajer investasi yang tentunya sudah paham akan investasi dan juga profesional di bidangnya.

Saatnya kita kenalan dulu yuk dengan instrumen investasi satu ini!

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam berbagai macam instrumen keungan untuk menghasilkan keuntungan di masa depan. Dengan membeli reksa dana dapat diartikan seperti kamu membeli satu paket instrumen keuangan yang sudah ditentukan oleh Manajer Investasi.

Sebagai contoh, dalam reksa dana saham kamu tidak hanya akan dibelikan 1 saham saja, tetapi bisa 20 saham atau lebih dalam satu paket reksa dana yang dipilih atas analisis secara profesional oleh Manajer Investasi, sehingga kita tidak perlu memilih saham nya satu per satu.

Peraturan mengenai reksa dana diatur dalam Undang-undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk memilih reksa dana sebagai instrumen investasi kamu, karena dasar hukumnya sudah jelas.

 

Jenis – jenis Reksa Dana

Secara umum jenis reksa dana terbagi menjadi empat, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, campuran dan saham.

1.   Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang menempatkan 100% pada jenis instrument investasi pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun. Bentuk instrumen investasi pasar uang dapat berupa deposito berjangka (time deposit), sertifikat deposito (certificate of deposit), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan berbagai jenis instrument investasi pasar uang lainnya

Tujuannya adalah untuk menjaga tingkat likuiditas dan pemeliharaan modal. Risikonya relatif lebih rendah dibandingkan jenis lainnya. Jenis produk reksa dana ini cocok untuk tipe investor yang memiliki kecenderungan untuk menghindari risiko.

 

2.   Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang menempatkan minimal 80% pada efek utang atau obligasi atau surat utang. Tujuannya untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Risiko relatif lebih besar daripada reksa dana pasar uang.

 

3.   Reksa dana Campuran (Balanced Mutual fund)

Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang mengalokasikan dana investasinya maksimal 79% pada portofolio yang bervariasi. Instrumen investasinya dapat berupa  efek saham, obligasi dan instrument pasar uang seperti deposito. 

Tujuannya untuk pertumbahan harga dan pendapatan. Risiko reksa dana campuran bersifat moderat dengan potensi tingkat pengembalian yang relatif lebih tinggi dibandingkan reksa dana pendapatan tetap.

 

4.   Reksa dana saham (Equity Fund)

Reksa dana saham adalah jenis reksadana yang mengalokasikan sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas. Tujuannya untuk pertumbuhan harga atau unit dalam jangka panjang. Risikonya relatif lebih tinggi dari reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap, namun memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi.

 

“Apa saja kelebihan dan keuntungan dari Invetasi Reksa Dana?”

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih untuk berinvestasi reksa dana:

1.   Dikelola oleh tim Manajer Investasi profesional

Banyak calon investor yang masih enggan memulai berinvestasi dengan alasan keterbatasan pengetahuan dan waktu untuk melakukan analisa investasi. Dengan reksa dana kamu tidak perlu khawatir tentang hal – hal tersebut karena Tim Manajer Investasi yang pastinya professional, berpengalaman dan didukung dengan riset yang mendalam akan mengelola investasi kamu.

 

2.   Nilai investasi trrjangkau, bisa dimulai dari Rp 10 ribu

Modal awal yang kamu perlukan untuk berinvestasi di reksa dana sangat terjangkau, bahkan mulai darihanya  Rp 10 ribu. Rasanya tidak sulit bukan untuk menyisihkan Rp 10 ribu untuk mulai berinvestasi secara rutin?

 

3.   Diversifikasi portofolio

Dengan berinvestasi di reksa dana, kamu sebenarnya memiliki beragam portofolio aset yang dikelola oleh Manajer Investasi . Tentunya tujuan dari diversifikasi portofolio tersebut bertujuan untuk meminimalkan risiko berinvestasi di pasar modal.

Diversifikasi portofolio ini merupakan tantangan bagi, seorang investor individual karena berbagai keterbatasannya. Di reksa dana, dana yang dikelola berasal dari kumpulan berbagai investor, sehingga diverifikasi risiko dapat dilakukan secara optimal.

4.   Kemudahan Bertransaksi

Saat ini di tengah modernisasi dalam bidang teknologi,  mayoritas investasi reksa dana dilakukan secara online. Kamu dapat melakukan transaksi dan juga melihat seluruh data portofolio investasimu kapan saja dan di mana saja dengan mudah melalui gadget kamu seperti laptop atau smartphone kamu.

Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah aplikasi BIONS dari BNI Sekuritas. Dengan Bions kamu dapat membeli produk investasi reksa dana yang kamu mau. Aplikasi BIONS dapat dengan mudah kamu download dan install melalui Apple App Store dan Google Play Store.

Nah setelah menyimak mengenai apa itu reksa dana, ­­apakah kamu sudah mulai tertarik untuk berinvestasi reksa dana? Jadi jika kamu memiliki waktu, modal dan pengetahuan yang terbatas namun memiliki kemauan yang tinggi untuk berinvestasi kamu bisa mulai dengan reksa dana.

 

 

 

 

Related Tutorial

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut