Admin Dina | 2021-01-18

EBA Ritel: Tak Kenal Maka Tak Sayang

Di zaman sekarang ini, investasi bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk masyarakat berekonomi menengah ke atas, melainkan sudah menjadi kebutuhan semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Efek Beragun Aset-Surat Partisipasi Ritel (EBA Ritel) merupakan instrumen investasi pendatang baru di pasar modal, dengan berbagai keunggulan yang layak dikoleksi oleh semua masyarakat terutama oleh kaum milenial.

Yuk kita kenalan dengan instrument investasi yang satu ini!

“Apa itu EBA Ritel?”

Efek Beragun Aset (EBA) berbentuk Surat Partisipasi (SP) adalah surat berharga yang terdiri dari sekumpulan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang diterbitkan melalui proses sekuritisasi sehingga menjadi instrumen investasi pendapatan tetap yang dapat ditransaksikan di pasar sekunder, dengan kata lain membeli EBA Ritel sama dengan membeli tagihan KPR dari perbankan.

“Bagaimana dengan karakteristik EBA Ritel?”

EBA Ritel merupakan instrumen investasi pendapatan tetap sehingga karakteristik yang dimiliki hampir menyerupai obligasi. Hal mendasar yang menjadi perbedaan antara EBA Ritel dan Obligasi adalah pada EBA Ritel terdapat amortisasi pokok yang akan dibayarkan bersamaan dengan periode pembayaran kupon (setiap 3 bulanan)

“Bagaimana dengan profil risikonya?”

Adapun risiko dari EBA Ritel ini adalah risiko fluktuasi harga pada pasar sekunder yang diakibatkan oleh perubahan suku bunga, serta risiko pelunasan KPR lebih awal yang dapat mempengaruhi yield yang diterima investor

“Apa saja benefit produk EBA Ritel bagi Investor?

· Sebagai alternatif investasi dengan kupon yang menarik

· Nilai transaksi yang terjangkau

· Risiko terjadinya default rendah karena risiko terbagi ke banyak tagihan KPR, serta adanya proses seleksi KPR yang sangat ketat pada saat proses sekuritisasi (rating AAA)

· Kupon dibayar per 3 bulan

· Tidak dikenakan biaya transaksi

· Pokok investasi akan diamortisasi dan dibayar per 3 bulan, sehingga Investor dapat melakukan re-investment ke produk investasi lain, tanpa harus khawatir dana dikunci sampai tenor berakhir

· Dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan penyelsaian T+1

· Kemudahan bertransaksi, dapat ditransaksikan secara online melalui aplikasi BNI Sekuritas

Jadi, dengan berinvestasi EBA Ritel, kamu akan memperoleh keuntungan dari kupon bunga tetap yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Kamu dapat menjual atau membeli EBA Ritel ini kapan saja dengan nilai transaksi yang terjangkau.

Selain itu, kamu juga mendapatkan benefit diversifikasi instrumen investasi, serta risiko default (gagal bayar) yang rendah karena terbaginya risiko ke banyak tagihan KPR.

Produk EBA Retail ini diharapkan menjadi alternatif investasi jangka panjang yang memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan produk tabungan atau deposito.

Nah bagaimana? Kamu tertarik untuk membeli EBA SP Ritel? Kamu dapat langsung bertransaksi EBA Ritel melalui aplikasi BIONS.

 

 

 

Related Tutorial

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut