Admin Dina | 2021-01-19

Reksa Dana 101: Cara Memilih Reksa Dana

Di artikel sebelumnya kita telah membahas perihal apa itu reksa dana. Nah, setelah kamu mengetahui apa itu reksa dana dan berniat untuk memulai investasi reksa dana, namun masih kurang yakin bagaimana memulainya? Atau kamu juga sedang bertanya – tanya bagaimana cara memilih jenis reksa dana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Kamu? Nah kali ini kita akan membahas tips bagaimana cara memilih reksa dana.

Sebenarnya tips untuk memilih reksa dana terbaik tentunya bisa saja berbeda bagi setiap individu, karena setiap individu memiliki kepentingan yang berbeda sesuai dengan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Terlebih lagi setiap individu pasti memiliki latar belakang dan kondisi finansial yang berbeda – beda.

Proses pemilihan produk reksa dana ini tentu tidak mudah karena di Indonesia sendiri terdapat ribuan produk reksa dana dari ratusan Manajer Investasi. Namun, jika kamu paham bagaimana cara memilih reksa dana yang tepat, besar peluang Kamu untuk mendapatkan imbal hasil yang besar dan terhindar dari risiko kerugian dalam berinvestasi.

Nah. Bagaimana cara memilih reksa dana terbaik untuk investor pemula? Simak pembahasan berikut ini:

1. Tentukan tujuan investasi

Sebelum Kamu memilih reksa dana mana yang kamu inginkan, kamu wajib mengetahui tujuan keuangan Kamu, apakah untuk kebutuhan dana pensiun, membeli rumah atau mobil, berlibur, biaya pendidikan dan tujuan keuangan lainnya.

Dengan mengetahui tujuan keuangan, Kamu akan lebih mudah dalam memperkirakan banyaknya dana yang harus Kamu tempatkan di instrumen investasi dan menetapkan jangka waktu investasi, seperti jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang.

 

2. Cari informasi dasar mengenai reksa dana

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam reksa dana, kamu juga harus mencari informasi mengenai reksa dana tersebut. Seperti historikal kinerja, konsistensi kinerja selama 5 – 10 tahun kebelakang, return keuntungan, dana kelolaan (AUM) serta risiko yang dapat dilihat melalui fund fact sheet reksa dana atau melalui prospektus reksa dana.

Pelajari juga tata cara investasi pada reksa dana tersebut, termasuk biaya-biaya transaksinya. Lalu pilih produk reksa dana yang sesuai dengan kemampuan finansial dan tujuan investasi kamu.

 

3. Sesuaikan profil risiko dengan jenis reksa dana

Setiap individu pasti memiliki profil risikonya masing-masing, seperti agresif, moderat, dan juga konservatif. Sebelum memilih reksa dana, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu apakah jenis reksa dana tersebut sesuai dengan profil risiko kamu.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki profil risiko yang agresif, maka reksa dana saham dan campuran merupakan jenis reksa dana yang cocok untuk kamu miliki. Tetapi jika Kamu memiliki profil risiko yang konservatif, jenis reksa dana yang cocok untuk kamu pilih adalah reksa dana pasar uang.

 

4. Pilih Manajer Investasi terbaik

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi lewat reksa dana tertentu, pastikan kamu lakukan riset mengenai rekam jejak (track record) dari Manajer Investasi. Kamu harus memastikan bahwa tim pengelola investasi memiliki pengalaman dan keahlian yang baik dalam mengelola investasi kamu. 

 

5. Pastikan produk resmi dan terpercaya

Selalu memilih produk yang resmi dan terpercaya. Reksa dana adalah investasi yang legal dan memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pastikan dan cek perizinan dari produk reksa dana dan Manajer Investasi kamu. Upaya ini merupakan upaya preventif agar kamu tidak tertipu oleh bentuk investasi bodong.

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi di reksa dana yang aman dan terpercaya, kamu bisa langsung memilih dan mulai berinvestasi di produk reksa dana yang ditawarkan oleh BNI Sekuritas melalui platform online BIONS.

Di BIONS dapat menemukan berbagai produk unggulan reksa dana Manajer Investasi (MI) yang telah kami seleksi sebelumnya. Melalui aplikasi BIONS kamu dapat mengetahui historikal kinerja selama 5-10 tahun kebelakang, return keuntungan, dana kelolaan (AUM) serta risiko yang dapat dilihat melalui fund fact sheet reksa dana atau melalui prospektus reksa dana.

Kamu tinggal memilih produk yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Jadi langsung saja download BIONS di Apple App Store dan Google Play Store.

 

 

 

 

 

Related Tutorial

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut