Admin Dina | 2021-04-13

Kenalan dengan Manajer Investasi Reksa Dana Yuk!

Saat membahas investasi Reksa Dana tentu saja tidak dapat dipisahkan dari Manajer Investasi. Tetapi, apakah kamu sudah mengenal siapa itu Manajer Investasi? Apa saja tugas dan kewajiban serta tips-tips apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih Manajer Investasi dengan baik dan benar?

Yuk kita bahas satu per satu mengenai siapa itu Manajer investasi serta tugas dan kewajiban mereka!

“Siapa itu Manajer Investasi Reksa Dana?”

Dalam Reksa Dana, terdapat kumpulan dana yang dihimpun dari sejumlah investor. Kumpulan dana selanjutnya akan dikelola secara kolektif dalam suatu portofolio investasi. Pihak yang mengelola portofolio investasi tersebut dikenal dengan istilah Manajer Investasi.

 “Apa saja tugas dan kewajiban Manajer Investasi Reksa Dana?”

1. Mengelola Aset Nasabah

Manajer Investasi reksa dana memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengelola portofolio  investasi nasabah secara profesional dengan tujuan memperoleh keuntungan yang optimal bagi para nasabah.

Dalam menjalankan tugasnya, Manajer Investasi melakukan proses pengelolaan portofolio investasi berdasarkan kebijakan investasi yang tercantum dalam prospektus reksa dana. 

2. Mengambil Keputusan Perihal Beli dan Jual Instrumen Investasi

Manajer Investasi bertugas mengelola portofolio ke dalam berbagai instrumen investasi, seperti saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.  Artinya, seorang investor reksa dana menyerahkan semua hal yang berkaitan dengan keputusan investasi kepada Manajer Investasi.

Semua keputusan investasi yang dilakukan oleh Manajer Investasi berdasarkan data dan analisa yang akurat untuk memperoleh keuntungan yang optimal tentunya.

3. Melaporkan Kondisi dan Posisi Aset Nasabah Secara Harian

Selain bertugas untuk mengelola dana untuk diinvestasikan, Manajer Investasi juga memiliki kewajiban untuk memberikan laporan kepada investor perihal nilai investasi reksa dana secara harian. 

Manajer investasi juga memiliki kewajiban menghitung Nilai Pasar Wajar (NPW) dari efek dalam portofolio efek reksa dana dalam rangka perhitungan Nilai aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana oleh Bank Kustodian setiap harinya

“Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih Manajer Investasi?”

1. Izin Usaha

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih Manajer Investasi adalah Izin. Manajer Investasi wajib memiliki izin dari pihak otoritas pasar modal yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Informasi mengenai perizinan dapat kamu lihat melalui website OJK dan MI terkait.

2. Historis Kinerja dan Pengalaman Kerja

Hal kedua yang harus kamu perhatikan dalam memilih Manajer Investasi adalah rekam jejak mengenai kinerja dan pengalaman Manajer Investasi tersebut. Informasi mengenai kinerja dan pengalaman Manajer Investasi dapat kamu lihat melalui prospektus dan fund fact sheet reksa dana.

3. Track Record

Track record Manajer Investasi juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih Manajer Investasi. Kamu dapat mencari informasi mengenai track record Manajer Investasi melalui google dan media sosial. Kamu dapat memeriksa apakah Manajer Investasi reksa dana yang hendak kamu pilih pernah memiliki isu-isu negatif atau terbelit kasus yang dapat mempengaruhi nilai investasi kamu.

4. Pengecekan Silang

Setelah kamu membaca informasi di prospektus reksa dana, penting melakukan pengecekan silang ke sumber independen lainnya, seperti website otoritas pasar modal yaitu OJK.  

Di website otoritas pasar modal kamu dapat menemukan informasi mengenai daftar Manajer Investasi yang telah memiliki izin, daftar Manajer Investasi yang pernah mendapat peringatan serta sanksi karena melanggar peraturan.

Kamu juga harus memastikan apakah informasi yang tertulis di prospektus sesuai dengan informasi di OJK. Dengan begitu kamu dapat memastikan bahwa Manajer Investasi Reksa Dana yang hendak kamu pilih tidak pernah mendapat sanksi dari regulator pasar modal.

Manajer Investasi memiliki peran penting dalam investasi reksa dana, karena hasil investasi reksa dana yang kamu raih sangat ditentukan oleh kemampuan dan kepiawaian Manajer Investasi dalam mengelola portofolio investasi reksa dana kamu.

Ayo mulai investasi Reksa Dana bersama BIONS. Melalui BIONS kamu dapat menemukan berbagai produk Reksa Dana yang dikelola oleh berbagai Manajer Investasi (MI) terpercaya dan tentunya terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kamu tinggal memilih produk yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu.

Related Tutorial

Author Detail

Admin Dina

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut