BIONS | 2022-12-20

Mengenal Suku Bunga Obligasi

Obligasi menjadi sarana investasi yang populer di masyarakat. Salah satu bentuk investasi yang memberikan keuntungan berupa kupon yang didapat dari bunga obligasi. Sebelum mendalami bunga obligasi, #SobatBIONS perlu mengetahui dulu perihal suku bunga yang menjadi salah satu acuan bunga obligasi. Yuk kita telusuri apa itu bunga obligasi agar kamu semakin paham saat berinvestasi pada instrumen tersebut. 

Baca Juga: Kenali Obligasi: Investasi Tepat, Rendah Resiko

 

Apa Itu Bunga Obligasi?

Suku bunga obligasi merupakan balas jasa atau imbalan dari uang yang akan diterima oleh investor pada saat berinvestasi pada instrumen obligasi. Dalam obligasi, imbalan  berbentuk kupon yang mengacu pada suku bunga dengan persentase tertentu.

Dalam praktiknya, obligasi berisi perjanjian bagi pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa kupon dan melunasi pokok utang kepada pembeli pada periode yang telah ditentukan.

Tingkat imbal hasil kupon tidak menentu karena berdasarkan pada jenis obligasi dan kebijakan penerbit obligasi. Bunga kupon obligasi umumnya lebih besar dibandingkan bunga simpanan deposito. Minimum investasinya pun lebih terjangkau jika dibandingkan deposito. Hal itu yang membuat obligasi lebih diminati oleh masyarakat. Tingkat suku bunga obligasi berbeda-beda, menyesuaikan keadaan ekonomi pada saat itu. Namun, Anda selalu bisa memeriksanya karena sebagai bentuk promosi pada publik, penerbit obligasi akan mengumumkan besaran kupon sebelum masa penawaran dimulai.

 

Jenis Suku Bunga Obligasi

1. Fixed Coupon Bonds

Fixed Coupon Bonds atau yang biasa dikenal dengan Obligasi berbunga adalah obligasi dengan besaran kupon tetap. Sejak masa penawaran hingga masa jatuh tempo, bunga/kupon obligasi tidak berubah. Hal ini membuat investor  bisa memastikan jumlah imbal hasil yang akan diterima di akhir periode.

2. Floating Coupon Bonds

Floating Coupon Bonds atau obligasi dengan kupon mengambang adalah surat utang yang menawarkan kupon yang berubah-ubah besarannya mengikuti suku bunga acuan. Umumnya, bunga kuponnya lebih besar dibandingkan bunga deposito.

3. Zero Coupon Bond

Zero coupon bond atau Obligasi tanpa kupon merupakan obligasi yang tidak memberikan kupon secara berkala sebagai bukti keuntungan pemegang investasi. Sebagai gantinya, pihak penerbit akan memberikan keuntungan obligasi dengan membayarkan bunga dan pokok keuntungan secara penuh sekaligus saat jatuh tempo.

Baca Juga: Ketahui Risiko-Risiko Obligasi

 

Kesimpulan

Kesimpulannya, suku bunga obligasi merupakan cerminan dari imbal hasil yang akan kamu terima dari investasi di obligasi. Jika sudah yakin ingin berinvestasi di instrumen obligasi kamu dapat memulainya dengan BIONS By BNI Sekuritas. Bersama BIONS, kamu dapat berinvestasi obligasi. Kamu bisa mulai dengan mendownload aplikasi BIONS terlebih dahulu. Penawaran perdana obligasi (tidak selalu ada setiap saat), dimana jika penawaran obligasi sedang berlangsung kamu bisa menemukannya di menu “Others” pada Homescreen BIONS, lalu mengikuti langkah dibawah ini untuk melakukan investasi:

  1. Isi dan tanda tangan Lembar Pernyataan Minat 

  2. Setor dana sesuai Nominal Setor (Nominal Pemesanan + Fee Pemesanan) ke RDN 

  3. Lakukan pemesanan secara online melalui BIONS Mobile atau website app.bions.id. Pilih menu “others”dari home screen dan tap penawaran yang sedang berlangsung

  4. Upload Lembar Pernyataan Minat, KTP dan Bukti setor pada form pemesanan di BIONS

  5. Selanjutnya, pembelian kamu akan di proses.

Bagaimana mudah bukan? Yuk mulai berinvestasi obligasi Bersama BIONS untuk diversifikasi instrumen investasi mu! 

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut