BIONS | 2022-09-20

Belajar Cara Analisis Fundamental Saham dengan Mudah

Metode analisis fundamental saham akan membantumu melihat saham-saham unggulan dengan prospek bagus di masa yang akan datang.

Dalam dunia investasi, analisis sangatlah penting saat membuat sebuah keputusan yang akurat. Terlebih lagi jika kamu berinvestasi di instrumen saham, analisis diperlukan untuk menilai sebuah saham layak dibeli atau tidak.

Salah satu metode untuk menganalisis saham yang lebih jeli dan akurat adalah dengan metode analisis fundamental. 

Jika kamu seorang investor yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang, maka analisis fundamental juga merupakan metode yang tepat untuk kamu gunakan saat memilih saham.

Baca Juga: Tips Investasi Saham Untuk Pemula Agar Cuan

 

Manfaat memahami Analisis Fundamental Saham

Terdapat beberapa hal yang harus investor pahami dalam melakukan analisis fundamental. Diantaranya, kepekaan pada kondisi makro ekonomi, kebijakan politik, iklim bisnis di suatu industri, dan juga ketelitian saat membaca laporan keuangan perusahaan. 

Dengan menggunakan analisis fundamental investor akan mendapat beberapa manfaat seperti mengetahui kapan harus berinvestasi dan juga memilih saham yang tepat. Selain itu, analisis fundamental dapat digunakan untuk mengetahui nilai intrinsik suatu saham, yaitu berapa nominal rupiah saham itu layak dihargai. 

 

Perbedaan Analisis Fundamental dengan Analisis Teknikal

Analisis fundamental mengacu pada faktor-faktor dasar dari sebuah perusahaan, seperti kondisi makro ekonomi, situasi bisnis industri, hingga laporan keuangan perusahaan. Tentunya, saat menggunakan analisis ini, investor cenderung membutuhkan waktu yang panjang untuk menganalisis perusahaan incarannya.

Di sisi lain, analisis teknikal adalah analisis yang berdasarkan pada data-data historis pergerakan harga yang terjadi pada bursa saham. Seorang yang melakukan analisis teknikal cenderung berinvestasi secara jangka pendek bahkan dalam periode harian.

Dalam dunia investasi, pengguna analisis teknikal umumnya disebut dengan trader sedangkan untuk pengguna analisis fundamental disebut dengan investor. 

 

Analisis Fundamental Saham dengan Pendekatan Top Down

Salah satu pendekatan yang sering digunakan dalam analisis fundamental adalah pendekatan top down. Pendekatan ini mencoba untuk mengerucutkan faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham. 

Dalam menggunakan Pendekatan top down, investor perlu memahami beberapa tahap sebagai berikut:

1. Kondisi Ekonomi Makro

Pergerakan harga saham dipengaruhi oleh faktor-faktor kondisi perekonomian baik secara global maupun dalam negeri. 

Misalnya, saat terjadi pandemi aktivitas perekonomian global menjadi terbatas, maka mayoritas harga saham akan bergerak turun.

Pada saat perekonomian sedang lesu, maka kinerja perusahaan bakal ikut merosot yang akan diikuti dengan penurunan harga sahamnya. Sebaliknya, jika ekonomi sedang bergairah, maka aktivitas perusahaan akan berkembang sehingga harga saham juga ikut naik.

Selain itu, kebijakan pemerintah juga berpengaruh terhadap harga suatu saham. Hal tersebut dapat terlihat ketika pemerintah melakukan kebijakan untuk menaikkan atau menurunkan suku bunga. 

Jika suku bunga tinggi, maka para investor akan menyimpan uangnya di bank untuk mendapatkan bunga dari deposito. Hal tersebut tentunya akan menghambat laju pertumbuhan perusahaan dan bisnis. 

2. Sektor dan Industri

Tentunya, kondisi sektor dan industri merupakan hal yang krusial dalam mempengaruhi tinggi atau rendahnya harga saham. Saat terjadi suatu fenomena terhadap sektor atau industri tertentu, maka akan berdampak pada pergerakan harga saham yang tergabung dalam sektor atau industri tersebut.

Seperti ketika harga minyak dunia anjlok ke titik terendah. Maka, harga-harga saham yang berada pada sektor tambang juga ikut menurun drastis. Contoh lain dapat dilihat pada industri consumer goods yang cenderung tidak terkena imbas saat terjadi resesi. Hal itu karena industri tersebut menjual kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat saat terjadi gejolak ekonomi. 

3. Analisis Mikro Perusahaan

Setelah mengetahui industri yang unggul, investor perlu menyeleksi saham perusahaan yang memiliki kinerja yang baik. Perusahaan dengan reputasi tinggi dan menjadi pemimpin pada industrinya mempunyai prospek untuk terus bertumbuh di masa depan. Saham-saham tersebut biasanya tergabung dalam indeks LQ45. 

4. Kondisi Fundamental Perusahaan

Selanjutnya investor perlu membandingkan kinerja perusahaan pada sektor industri sejenis. Investor dapat menganalisis laporan keuangan perusahaan dan juga melihat struktur manajemen saat membandingkan suatu saham. 

Dengan begitu, investor akan mengetahui apakah perusahaan tersebut baik atau tidak dari sisi perkembangan, laporan keuangan, serta harga sahamnya layak dibeli atau tidak.Hal tersebut merupakan kunci dalam menentukan baik atau tidaknya analisis fundamental dari suatu perusahaan. Biasanya, perusahaan yang kokoh dari segi fundamental memiliki harga saham yang cukup baik.

 

Analisis Fundamental Saham dengan Pendekatan Bottom Up

Selain top down, dalam analisis fundamental terdapat juga pendekatan bottom up. Pendekatan ini merupakan kebalikan dari pendekatan top down yang berarti analisis dilakukan dari bawah menuju ke atas.  Dengan pendekatan metode ini, investor memulai dengan memilih saham incaran terlebih dahulu, kemudian melihat kinerja perusahaan melalui laporan keuangannya. Setelah itu, investor akan meninjau kembali apakah saham tersebut layak untuk dikoleksi dengan melihat kinerja pada sektor industri sejenis, selanjutnya baru investor mempertimbangkan trend dari dan kondisi perekonomian.

Baca Juga: Tips Memilih Saham untuk Pemula

 

Kesimpulan

Dengan menggunakan analisis fundamental, investor cenderung tidak dipengaruhi oleh fluktuasi harga saham dan cenderung berinvestasi pada jangka panjang. Investor yang berinvestasi dengan analisis fundamental cenderung memiliki kepercayaan tinggi terhadap bisnis yang dilakukan perusahaan.

Kesimpulannya, masing-masing metode pendekatan baik top down atau bottom up memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Analisis terbaik dalam berinvestasi bergantung pada gaya investasi setiap investor. Hal yang perlu diingat adalah selalu memilih saham dengan harga yang layak, pastikan kamu membelinya di harga yang wajar.

Teruntuk kamu yang ingin memulai berinvestasi saham, kamu bisa mendownload aplikasi BIONS by BNI Sekuritas. Bersama BIONS kamu dapat memantau dan pergerakan saham-saham melalui gawai dimana saja. Yuk, download Aplikasi BIONS sekarang juga! 

Related Tutorial

Author Detail

BIONS

Admin Digital Channel

Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut