BIONS | 2022-11-09

Serba Serbi Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang terdiri dari berbagai jenis produk yang bisa kamu sesuaikan dengan tingkat risiko kamu loh. Kalau kamu ingin berinvestasi dengan tingkat risiko menengah, reksa dana pendapatan tetap akan cocok buatmu!

Baca Juga: Investasi Reksa Dana: Calon Investor Wajib Tahu

 

Apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap? 

Investasi melalui reksa dana sendiri sebetulnya terdapat beragam jenis, salah satunya adalah reksa dana pendapatan tetap (RDPT). RDPT merupakan reksa dana yang alokasi dananya paling sedikit  80% berada pada efek bersifat utang, seperti obligasi atau surat utang. 

Oleh karena itu, RDPT cocok untuk #SobatBIONS yang memiliki profil risiko konservatif alias cari aman. Jenis reksa dana ini juga paling pas untuk berinvestasi dengan jangka waktu 1 sampai 3 tahun. Disamping itu, RDPT juga dapat dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin melakukan diversifikasi portofolio saat kondisi ekonomi belum stabil.

Sebagai seorang investor, kamu perlu berhati-hati dalam memilih manajer investasi dan pihak sekuritas yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini bertujuan  untuk menghindari kemungkinan penipuan atau kejahatan lainnya serta menjamin keamanan dana dalam berinvestasi.

 

Keunggulan Reksa Dana Pendapatan Tetap

1. Imbal Hasil Lebih Besar dibanding Reksa Dana Pasar Uang

Dalam reksa dana pendapatan tetap Imbal hasil atau return sekitar 7% sampai dengan 8% per tahun, bahkan rata-rata mampu mencapai 9% per tahun. Tentunya, keuntungan berinvestasi pada RDPT lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang yang hanya berkisar 4-7% per tahun.

2. Fluktuasi Cukup Stabil

Dikarenakan penyaluran investasi RDPT sebagian besar berada pada obligasi atau surat maka fluktuasinya cukup stabil. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir akan dana yang kamu investasikan akan berkurang secara drastis.  

3. Likuiditas Tinggi

Setelah mengetahui mekanisme keuntungan yang diperoleh, keunggulan lain dari investasi reksa dana pendapatan tetap adalah memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya kamu dapat dengan mudah untuk dapat melakukan pencairan dana. Selain itu, keuntungan yang diperoleh pun tidak termasuk dalam objek pajak, jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan secara penuh.

Baca Juga: Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Modal Kecil Yang Menguntungkan

 

Langkah Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Pemilihan reksa dana pendapatan tetap cocok bagi kamu yang ingin meminimumkan risiko agar tetap mendapatkan keuntungan. Bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek. Meskipun begitu, jika penggunaannya untuk jangka panjang tidak menjadi masalah karena pemilihan jenis reksa dana dapat kamu pertimbangkan sesuai dengan kebutuhanmu. 

1. Tentukan Tujuan Investasi

Reksadana pendapatan tetap umumnya memiliki jangka waktu berkisar 1-3 tahun. Pada jangka waktu tersebut kamu, kamu dapat menentukan tujuan investasi yang ingin dicapai. Misalnya saja kamu berinvestasi untuk bisa liburan ke luar negeri atau ingin menabung untuk dana pendidikan anak. 

2. Cari Informasi dan Pilih Reksa Dana yang Sesuai

Meskipun dana investor dikelola oleh manajer investasi profesional, kamu juga perlu memastikan informasi mengenai produk RDPT yang ingin dibeli. Setiap produk reksa dana wajib menerbitkan prospektus tahunan yang berisi kewajiban dan hak investor. Selain itu juga terdapat fund fact sheet setiap bulannya yang berisi informasi kinerja produk, komposisi aset, dan portofolio efek pada akhir bulan. Kedua dokumen tersebut akan membantumu untuk memiliki reksa dana yang tepat dan sesuai dengan profil risiko mu. 

Pastikan juga kamu membeli produk reksa dana pendapatan tetap yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasimu. Setelah kamu resmi sebagai investor reksa dana pendapatan tetap,kamu hanya perlu memantau dan mengevaluasi perkembangan investasimu

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum berinvestasi pada instrumen reksa dana pendapatan tetap. Dengan berinvestasi pada reksa dana pendapatan tetap maka sebagian besar dana investasi mu akan dialokasi paling sedikit (80% dari berada portofolio) dialokasikan pada efek bersifat utang.Investasi ini sangat cocok untuk kamu yang pendapatan tetap dengan tingkat keuntungan yang kompetitif dan juga risiko yang menengah.

#SobatBIONS kamu bisa temukan produk Reksa Dana Pendapatan Tetap di BIONS loh, pada Home Screen, pilih Reksa Dana/Fixed Income Fund, lalu pilih section RD Pendapatan Tetap/Equity Fund, setelah itu klik produk RD Pendapatan Tetap yang diinginkan atau cari di kolom ‘Search. Yuk mulai investasi reksa dana pendapatan tetap Bersama BIONS. 


 


 

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut