BIONS | 2022-12-21

Margin Trading: Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungan

Apakah kamu pernah menemukan saham yang memiliki potensi kenaikan yang besar? Namun persediaan dana yang kamu miliki tidak mencukupi untuk membeli saham tersebut. Tenang, kamu tetap dapat memaksimalkan peluang tersebut dengan memanfaatkan fasilitas margin trading. Jadi kamu tetap dapat membeli saham-saham incaranmu. Eits, tapi kamu harus memastikan saham tersebut merupakan saham yang benar-benar berpotensi dan juga tetap menimbang faktor risiko dari memanfaatkan fasilitas ini. Yuk simak artikel berikut untuk mengenal margin trading lebih dalam.

Baca Juga: Belajar Investasi Saham: Investor Pemula Wajib Tahu 

Pengertian Margin Trading

Margin trading merupakan fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas kepada para nasabahnya. Tujuan fasilitas ini adalah agar investor dapat melakukan pembelian saham yang lebih besar dari modal yang ia miliki di rekening efek. Tentunya pihak sekuritas tidak memberikan fasilitas ini secara cuma-cuma, terdapat beberapa syarat yang harus nasabah penuhi untuk dapat menggunakan fasilitas margin trading. Dengan fasilitas tersebut investor dapat melakukan pembelian saham berkali-kali lipat dari modal yang dimiliki di Rekening Dana Nasabah (RDN). 

Keuntungan Margin Trading

 

1. Menghindari Suspend Buy

Biasanya, jika menggunakan akun reguler sekuritas dan belum dapat membayar kewajiban hingga dua hari pasca perdagangan saham (T+2), maka broker tidak akan memperbolehkan kamu untuk melakukan pembelian saham. Kondisi ini disebut suspend buy.

Berbeda jika kamu menggunakan margin trading. Layanan ini memberikan kemudahan untuk tetap melakukan transaksi pembelian saham menggunakan limit yang tersedia selama rasio minimal jaminan tercukupi.

2. Holding Period Lebih Fleksibel

Selain dapat menghindari suspend buy, keuntungan menggunakan margin trading adalah kamu dapat bertransaksi hingga tiga hari pasca perdagangan saham (T+3) dan saham mu tidak akan dijual paksa hingga (T+4) selagi rasio jaminannya masih cukup.

3. Memperbesar Profit 

Dengan menggunakan fasilitas margin trading, investor dapat  membeli saham yang jumlahnya berkali lipat dari saldo rekening yang dimiliki. Pemegang saham pun berkesempatan mendapatkan return besar jika harga saham incarannya naik.

 

Ilustrasi Margin Trading

Seorang investor melaksanakan transaksi dengan fasilitas margin trading pada sebuah sekuritas untuk membeli sebuah saham. Tentunya, sekuritas tersebut memberikan pinjaman tidak secara gratis. Terdapat jaminan yang diberikan oleh investor berupa sebagian atau seluruh saham dalam portofolionya untuk memperoleh dana pinjaman tersebut.

Setelah pinjaman jatuh tempo, investor tersebut harus membayar kembali pinjamannya plus bunga. Pembayaran kembali atas pinjaman itu dapat bersumber dari injeksi modal tambahan ke RDN pada hari bursa berikutnya, ataupun dari keuntungan trading saham yang telah diperoleh.

Seandainya investor berhasil memperoleh keuntungan (capital gain) dari saham tersebut sebelum jatuh tempo, maka ia dapat melunasi pinjaman dari fasilitas margin trading itu dengan menggunakan keuntungan dari pembelian saham tersebut. Sedangkan jika saham tersebut belum profit sampai jatuh tempo, maka ia perlu menambahkan modal ke RDN guna melunasi pinjaman dan bunga dari margin trading.

Baca Juga: Capital Gain: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung

 

Risiko Margin Trading

1. Capital Loss 

Risiko capital loss terbilang risiko yang cukup fatal dan sangat merugikan bagi investor. Seperti yang kita ketahui bahwa saham merupakan instrumen investasi yang fluktuatif dan berisiko tinggi. Jika kamu tidak tekun dan jeli dalam memilih saham maka kamu akan mengalami risiko capital loss dimana dana portofoliomu akan berkurang, ditambah lagi kamu membelinya menggunakan fasilitas margin trading, sehingga kerugian yang kamu alami akan berlipat.

2. Forced Sell 

Apabila investor gagal membayar kembali pinjaman dan juga bunga dari fasilitas margin trading, maka secara otomatis sekuritas akan melikuidasi saham-saham yang berada dalam portofolio investor tersebut sesuai dengan jumlah pinjaman dan bunga yang harus dibayarkan. Proses ini pencairan saham secara otomatis ini sering juga disebut dengan ‘forced sell’. 

 

Kesimpulan

Margin Trading akan sangat bermanfaat untuk investor yang memiliki keterbatasan modal dalam trading saham. Investor pemula maupun investor berpengalaman sama-sama dapat memperoleh keuntungan lebih besar, asalkan mampu memanfaatkannya dengan benar. Dua kunci utama untuk sukses cuan dengan fasilitas ini adalah pemahaman atas aturan margin trading itu sendiri serta pemilihan saham yang tepat.

Bagi kamu nasabah BNI Sekuritas dan pengguna aplikasi BIONS, kamu dapat memanfaatkan fasilitas margin trading melalui program Margin Maxima. Melalui program ini kamu bisa mendapat bonus dana RDN Bonus Rp1.000.000,- loh! Promo ini  berlaku mulai dari 09 November 2022  sampai dengan 30 April 2023. Kamu dapat melihat detail program Margin Maxima melalui link berikut. Yuk maksimalkan profitmu Bersama BIONS dengan program Margin Maxima! 

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut